2. Suandy (2000) menjelaskan mengenai perkembangan pajak menjadi objek studi

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Suandy (2000) menjelaskan mengenai perkembangan pajak menjadi objek studi yang dapat didekatidari beberapa aspek dan sudut pandang. Sebutkan dan jelaskanlah yang saudara/i ketahui tentang
perkembangan pajak dari beberapa sudut pandang yang ada !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut Suandy pajak adalah objek studi yang dapat didekati dengan 4 pendekatan. Adapun 4 pendekatan tersebut adalah:

  1. Pendekatan ekonomi
  2. Pendekatan pembangunan
  3. Pendekatan penerapan praktis
  4. Pendekatan hukum

Pembahasan

  1. Pendekatan ekonomi digunakan untuk melihat perkembangan pajak dan dampaknya kepada kondisi ekonomi masyarakat. Artinya apakah pajak yang ditarik dari masyarakat ini disalurkan dengan efektif untuk meningkatkan daya beli masyarakat serta menjaga inflasi.
  2. Pendekatan pembangunan melihat perkembangan pajak yang efektif atau tidak untuk membangun sarana dan pra-sarana fasilitas publik. Misalkan untuk pembiayaan pembangunan fasilitas dan pemeliharaan fasilitas publik.  
  3. Pendekatan penerapan praktis melihat perkembangan pajak dari objek yang dikenakan, keefektifan tarif apakah memiliki daya saing yang bagus dibandingkan dengan pajak negara lain terutama untuk investasi dan PPh badan. Bisa juga dilihat dari penerapan PPh pribadi apakah terlalu tinggi untuk kondisi ekonomi tertentu.
  4. Pendekatan hukum melihat perkembangan pajak dilihat sebagai hak dan kewajiban Wajib Pajak, sehingga ada pajak terutang, penagihan pajak, penyelidikan, pengawasan, dan sanksi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pajak langsung dan tidak langsung pada yomemimo.com/tugas/2201289

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22