Berikan contoh deskriptif pilihan-pilihan yang akan dilakukan oleh para pelaku

Berikut ini adalah pertanyaan dari pujiwecsmg668 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikan contoh deskriptif pilihan-pilihan yang akan dilakukan oleh para pelaku ekonomi dan kenapa pilihan-pilihan tersebut harus dilakukan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh deskriptif pilihan-pilihan yang akan dilakukan oleh para pelaku ekonomi ialah di saat yang sama, seseorang harus membeli pakaian yang baru dan memperbaiki telepon genggam yang rusak, akan tetapi uang (sumber daya) yang dipunyai sekarang  ini tidak cukup untuk melakukan kedua - duanya, sehingga ia harus memilih. Pilihan yang akan diambil ialah pilihan untuk memperbaik telepon genggam yang rusak. Karena menurut ia, tanpa telepon genggam ia tidak dapat berkomunikasi dengan yang lainnya sedangkan ia masih mempunyai pakaian lama yang cukup.

Pembahasan

Ilmu ekonomi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan interaksi diantara manusia. Seluruh manusia tanpa memandang gender, suku bangsa, agama, pendidikan, status sosial dan sebagainya, memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas. Saat satu kebutuhan atau keinginan terpenuhi, akan muncul kebutuhan atau keinginan berikutnya, demikian seterusnya.

Sehingga, ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari bagaimana manusia membuat pilihanpilihan untuk menggunakan sumber daya yang terbatas dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas. Sebagai makhluk yang rasional, pilihan-pilihan yang dibuat oleh manusia tersebut dibuat dengan mempertimbangkan tingkat kepuasan maksimal yang dapat dicapai dari pilihan tersebut dengan mengalokasikan sumber daya terbatas yang dimilikinya secara efisien.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh permasalahan ekonomi yang ada hubungannya dengan ilmu ekonomi: yomemimo.com/tugas/6812063

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 18 Nov 22