Mohon bantuannya rumus ifnya bagaimana, Terima kasih Discount diisi dengan menggunakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari agoerh pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mohon bantuannya rumus ifnya bagaimana, Terima kasihDiscount diisi dengan menggunakan if dengan ketentuan sbb :
jika lama inap lebih dari 4 hari, discount 5% dari biaya inap
Mohon bantuannya rumus ifnya bagaimana, Terima kasih
Discount diisi dengan menggunakan if dengan ketentuan sbb : jika lama inap lebih dari 4 hari, discount 5% dari biaya inap

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Terdapat tabel berisi data bisnis penginapan. Salah satu kolom dalam tabel tersebut adalah DISCOUNT. Kolom ini diisi dengan ketentuan: Apabila LAMA INAP lebih lama dari empat hari, penyewa memperoleh diskon sebesar 5% dari BIAYA INAP. Rumus If untuk mengisi kolom DISCOUNT, khususnya sel J7, adalah =IF(G7>4,5%*I7,0).

Pembahasan

Dalam Microsoft Excel, terdapat sebuah fungsi logika, yaitu If. Rumus dasar dari fungsi ini adalah sebagai berikut:

=IF(pernyataan yang diuji, hasil jika pernyataan benar, hasil jika pernyataan salah)

Pernyataan yang diuji memuat tanda kesamaan (=) atau ketaksamaan (>, ≥, <>, ≤, dan <). Hasil bisa berupa huruf, angka, ataupun rumus yang melibatkan operasi hitung.

Kolom DISCOUNT atau diskon diisi dengan ketentuan: Apabila LAMA INAP lebih lama dari empat hari, penyewa memperoleh diskon sebesar 5% dari BIAYA INAP. Rumus tersebut dapat disalin atau diseret (drag) dari baris pertama kolom tersebut, sehingga buat saja rumus pada baris pertamanya, yaitu sel J7. LAMA INAP berada di kolom G dan BIAYA INAP berada di kolom I. Karena pada ketentuan menggunakan frasa 'lebih lama', gunakan tanda ketaksamaan: >. Tidak disebutkan untuk penyewa yang lama inapnya kurang dari atau sama dengan empat hari, sehingga anggap tidak memperoleh diskon, atau bernilai nol. Rumus lengkapnya menjadi:

=IF(G7>4,5%*I7,0)

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Konsep Fungsi Logika pada yomemimo.com/tugas/8781437

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh anginanginkel dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 10 Dec 22