. Carilah sebuah negara yang memiliki hak komunikasi secara kutub

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

. Carilah sebuah negara yang memiliki hak komunikasi secara kutub totaliter, lakukan analisis bagaimana karakter sistem komunikasi yang terjadi pada kutub totaliter!2. Carilah sebuah negara yang memiliki hak komunikasi secara kutub demokrasi, lakukan analisis bagaimana karakter sistem komunikasi yang terjadi pada kutub demokrasi!

3. Berikan pendapat Anda untuk masa pandemi dengan berkembangnya informasi hoax yang sangat banyak, cepat, dan tidak terkendali saat ini sistem komunikasi apa yang lebih tepat diterapkan di Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Beberapa negara yang memiliki hak komunikasi secara kutub totaliter adalah Korea Utara, Italia Fasis, Uni Soviet, China, dan Jerman. Totaliterisme adalah sebuah sistem politik yang memiliki karakter absolut, dimana sistem politik tersebut menghalangi dan membatasi pihak oposisi terhadap suatu negara beserta segala tuduhannya, serta memegang kendali atas kehidupan publik dan pribadi warga negaranya dengan sangat tinggi. Totaliterisme sering dianggap sebagai bentuk pemerintahan otoriter yang paling ekstrim dan paling ketat. Pada negara yang menggunkan sistem totaliter, sering kali kekuasaan secara politik dipegang oleh seorang autokrat atau diktator yang menjalankan kampanye di mana propaganda disiarkan oleh media massa yang dikendalikan oleh negara.
  2. Salah satu negara yang memiliki hak komunikasi secara kutub demokrasi adalah Indonesia. Karakter sistem komunikasi pada kutu demokrasi yaitu adanya musyawarah, memberikan wawasan yang luas, tidak bersifat asolut, memberikan kebebesan kepada para warga negaranya atas kehidupan dan dalam berpendapat. Namun di sisi lain, kebebasan ini dapat menimbulkan suatu masalah yaitu adanya hoax.
  3. Sistem komunikasi apa yang lebih tepat diterapkan di Indonesia pada masa pandemi sekarang dalam perkembangan hoaxadalahtotaliter. Hal ini bertujuan agar informasi hoax yang tersebar tidak menimbulkan dampak negatif bagi negara dan warganya sehingga pemerintah perlu memegang kendali atas informasi atau pendapat yang dicetuskan oleh setiap warga negaranya.

Pembahasan

Sistem komunikasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan percakapan secara tidak langsung atau pun langsung. Jenis sistem komunikasi terdiri atas sistem komunikasi kutub totaliter dan sistem komunikasi kutub demokrasi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materisistem komunikasi politik Indonesiapada yomemimo.com/tugas/51103263

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Sep 22