Tugas.3 Bentrokan terjadi antara pendukung Aung San Suu Kyi dan polisi

Berikut ini adalah pertanyaan dari napduaoy pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tugas.3Bentrokan terjadi antara pendukung Aung San Suu Kyi dan polisi pada Jumat (12/2/2021), dilaporkan ada 3 serangan langsung yang dilakukan oleh pihak aparat dengan munculnya "bukti foto" kejadian. Kantor hak asasi manusia (HAM) PBB mengatakan lebih dari 350 orang, termasuk pejabat, aktivis, dan biksu, ditangkap di Myanmar sejak kudeta Myanmar 1 Februari. Penyelidik HAM PBB untuk Myanmar mengatakan dalam sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa, bahwa terdapat "laporan yang berkembang, bukti foto" mengenai pasukan keamanan telah menggunakan amunisi yang mengarah langsung ke demonstran, seperti yang dilansir dari Reuters pada Jumat (12/2/2021).

Coba saudara kaitkan apakah PBB sebagai organisasi internasional yang bersifat universal mempunyai tanggung jawab atas kasus diatas? Berikan alasannya!

Coba saudara analisa apakah Dewan HAM PBB memiliki kewenangan untuk menghukum salah sasaran yang dilakukan oleh aparat pasukan keamanan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PBB dalam hal ini kewenangannya adalah dengan mengamati dan menemukan berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di berbagai negara. Kewenangan PBB ini bersifat lintas negara dan wilayah sehingga kasus yang bersifat internasional.

Dalam kasus di atas peran Dewan HAM PBBatauThe United Nations Human Rights Council adalah membongkar kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi. Kasus-kasus tersebut diselidiki dan dikumpulkan bukti-buktinya untuk dilaporkan. Ada pun kewenangan untuk menghukumnya ada pada konstitusi setiap negara dan Mahkamah Internasional yang berkedudukan di Den Haag Belanda.  

Pembahasan

Dewan HAM PBBatauThe United Nations Human Rights Council menerima berbagai laporan tentang indikasi pelanggaran HAM di berbagai negara. Untuk tindak lanjutnya mereka kemudian mengirimkan tim investigasi yang akan menyelidiki dan mengumpulkan bukti-bukti pelanggaran HAM yang terjadi di negara tersebut.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh faizahmihani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 31 Aug 22