Sebutkan & jelaskan 4 Aktivitas matahari ! Jawab! [tex] {?}^{?}

Berikut ini adalah pertanyaan dari rurudx28 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan & jelaskan 4 Aktivitas matahari !
Jawab!
 {?}^{?}

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Fusi atom hidrogen.
  2. sundpot.
  3. Lontaran Massa Korona.
  4. flare.

penjelasan ⤵️

  1. Fusi hidrogen merupakan pemecahan inti atom hidrogen, inti atom yang terpecah inilah yang akan menghasilkan energi yang sangat besar. Setiap bintang tanpa terkecuali matahari mengalami aktivitas ini. Setiap detiknya Matahari kehilangan triliunan ton dari massanya untuk menghasilkan energi.
  2. Sunspot atau bintik matahari adalah bagian yang memiliki suhu ebih rendah daripada bagian lainnya namun memiliki medan magnet yang lebih tinggi. Medan magnet yang berada pada sunspot mencapai ribuan dalam skala Gauss.
  3. Lontaran massa korona adalah lontaran energi dari Matahari ke ruang angkasa melalui bagian terluarnya yaitu korona. Massa yang terlontar ini dapat mencapai 4 cross times 10 to the power of 13 kg dengan kecepatan tinggi.
  4. Flare atau angin matahari adalah peristiwa dimana terbentuk loop (bulatan pada bagian terluar matahari). Flare ini cukup dapat mengganggu Bumi, dikarenakan dapat memutus atau mengganggu transmisi sinyal dalam Bumi. Saat menghembuskan flare atau angin matahari terdapat bagian seperti radiasi ultraviolet, radiasi sinar X, dan radiasi gamma yang dapat mencapai bumi dalam hanya 8 menit. Disinilah medan magnet Bumi akan menahan medan magnet matahari yang menyebabkan beberapa bagian medan magnet rusak dan menciptakan fenomena aurora serta mengganggu transmisi sinyal di Bumi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rizkynoviyanti128 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 03 Sep 22