3 a. Dalam sejarah pemerintahan di zaman baru terdapat tiga

Berikut ini adalah pertanyaan dari novitarane4 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 a. Dalam sejarah pemerintahan di zaman baru terdapat tiga pandangan penting yang mempengaruhicikal bakal pemerintahan modern yaitu pandangan Machiavelli, absolutism, dan demokrasi. Jelaskan
ketiga pandangan tersebut dalam perkembangan ilmu pemerintahan di zaman baru!
b. Jelaskan perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi Hakikat!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Machiavelli merupakan pandangan tentang mengejar terwujudnya ketertiban. Absolutisme merupakan pandangan tentang nilai - nilai realistis. Sedangkan Demokrasi merupakan pandangan tentang kewenangan dan hak absolut rakyat.

b. Ilmu pemerintah adalah disiplin khusus dan akademis yang mempelajari penerapan kebijakan pemerintah dan layanan publik untuk memajukan kepentingan masyarakat. Ini adalah inti dari proses implementasi dan pengelolaan program publik.

Ilmu Manajemen Pemerintah adalah area penelitian terfokus yang mengevaluasi teori dan praktik pemerintah di tingkat lokal, negara bagian, nasional, dan internasional.

Penjelasan:

Inti dari ajaran Machiavelli sebagai pemikir besar Renaisans tentang tujuan nasional adalah mengejar terwujudnya ketertiban, keamanan dan ketentraman, dan raja memiliki kekuasaan mutlak untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi kebanyakan, karena mereka menekankan pembebasan pemikiran moral dan etika dalam konteks prinsip-prinsip nasional. Manfaat dengan cara yang benar. Machiavelli berpendapat bahwa arah untuk mencapai dan mengakumulasikan kekuasaan yang sebesar-besarnya di tangan raja dengan cara yang licik dan mutlak hanya merupakan sarana bagi tujuan akhir yang lebih tinggi untuk berbagi kemakmuran.

Absolutisme memiliki beberapa pengertian yang dapat dibagi menjadi empat pengertian. Pertama, absolutisme adalah pandangan bahwa nilai-nilai atau kebenaran realitas secara objektif realistis, final, dan abadi. Kedua, absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan objektif yang akurat dan tidak berubah tentang realitas.

Demokrasi adalah sistem sosial dan politik otonomi dengan kewenangan pemerintah  dibatasi oleh hukum dan adat istiadat untuk melindungi hak-hak individu warga negara. Demokrasi pada dasarnya adalah kekuatan oleh dan untuk rakyat.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut terkait pemerintahan: yomemimo.com/tugas/38701380

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22