Metode PRCA atau Participatory Rural Communication Appraisal, merupakan salah satu

Berikut ini adalah pertanyaan dari runtuh070 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Metode PRCA atau Participatory Rural Communication Appraisal, merupakan salah satu metode lapang yang sering dilakukan untuk menganalisis masalah khususnya komunikasi untuk pembangunan pada level komunitas. Bisakah Anda berikan contoh penerapan PRCA ini di lapangan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Participatory Rural Communication Appraisal (PRCA) adalah salah satu metode lapanganyang bisa digunakan untukmenganalisis masalah mengenai pembangunanyang ada pada suatukomunitas tertentu. Di lapangan, salah satu contohdaripenerapan PRCA adalah ketika pemerintah daerah berencana menciptakan desa wisata di suatu daerah tertentu dan mengajak para warga yang ada di lokasi tersebut untuk bersama-sama merancang rangkaian kegiatan dan atraksi yang bisa diberikan di lokasi tersebut.

Pembahasan

PRCA adalah salah satu bentuk dari usaha penyelesaian masalah yang dilakukan dengan mengajak secara langsung masyarakat untuk terlibat dalam pencarian solusi tersebut. Tujuan utama dari pengunaan metode tersebut adalah untuk menciptakan komunikasi intensif dari masyarakat sehingga pembuat rancangan bisa menganalisis segala bentuk pengetahuan dan solusi yang diberikan oleh masyarakat dan menciptakan solusi bersama yang bisa menyelesaikan masalah secara nyata dan efektif.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang bentuk penyelesaian konflik yomemimo.com/tugas/12612590

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 17 Feb 23