Berapakah nilai PDB Negara Hipotetik jika dihitung dengan tiga pendekatan

Berikut ini adalah pertanyaan dari fahminuddinsyam39 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berapakah nilai PDB Negara Hipotetik jika dihitung dengan tiga pendekatan yang berbeda dan hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menggunakan tiap pendekatan tersebut ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Nilai PDB Negara Hipotetik dihitung dengan menggunakan 3 pendekatan yaitu pendekatan produksi, pengeluaran dan pendapatan. Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam penggunaan tiap pendekatan yaitu :

  • Pendekatan Produksi

Hal yang harus diperhatikan pada pendekatan ini adalah nilai semua barang dan jasa akhir pada perekonomian dalam periode tertentu dan juga nilai tambah dalam tahap proses produksi dan proses distribusi.

  • Pendekatan Pengeluaran

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pendekatan ini yaitu pengeluaran konsumsi akhir rumah tangga, pengeluaran oleh pemerintahan, pengeluaran dari kegiatan investasi dan nilai ekspor bersih yaitu sudah dikurangi impor.

  • Pendekatan Pendapatan

Hal yang harus diperhatikan dalam pendekatan ini adalah nilai pendapatan nasional, tunjangan konsumsi modal dan juga statistik diskrepansi.

Pembahasan

Dalam menghitung produk domestik bruto atau PDB digunakan 3 pendekatan. Diantaranya adalah pendekatan produksi, pengeluaran dan pendapatan. Pendekatan tersebut akan memberikan hasil angka yang sama. Walaupun akan adanya perbedaan statistik dan angka akhir biasanya tidak sama.

  • Pendekatan Produksi

Pada pendekatan produksi, PDB akan mewakili nilai dari semua barang dan juga jasa akhir pada perekonomian sepanjang periode tertentu. PDB memberikan pengecualian pada nilai akhir barang perantara

  • Pendekatan Pengeluaran

Pada pendekatan ini, PDB dihitung dengan jumlah jasa uang yang digunakan untuk barang dan juga jasa akhir. Nilai ekspor yang dikonsumsi oleh orang asing dan impor yang digunakan oleh konsumen dalam negeri.

  • Pendekatan Pendepatan

Pendekatan ini akan menghitung dengan cara menjumlahkan pendapatan nasional, tunjangan konsumsi modal dan statistik diskrepansi. Ini merupak pendapatan yang diterima pada pemilik faktor produksi.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang "Produk Domestik Bruto" pada yomemimo.com/tugas/1458585

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh oxfordnotbrogues0403 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 24 Sep 22