Agresi Rusia terhadap Ukraina memiliki risiko ekonomi global; juga berdampak

Berikut ini adalah pertanyaan dari fennya70 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Agresi Rusia terhadap Ukraina memiliki risiko ekonomi global; juga berdampak pada perekonomian Indonesia khususnya pada bahan bakar minyak. Jika bensin akan naik (harga), itu akan memberikan efek samping ke komoditas lain. Buatlah analisis Anda sendiri berdasarkan Makroekonomi dan Mikroekonomi.plis banget tolong bantuin​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Agresi Rusia terhadap Ukraina membuat harga komoditas meningkat. Hal ini akan mempengaruhi ekonomi makro yaitu mempengaruhi APBN. Dalam ekonomi mikro, maka akan mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran dalam masyarakat.

Penjelasan:

Dalam APBN pemerintah menetapkan asumsi makro diantaranya tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar Rupiah, tingkat suku bunga SUN, harga minyak, lifting minyak dan lifting gas. Asumsi-asumsi tersebut saling terkait.

Sehingga dengan kaca mata ekonomi makro, kenaikan harga komoditas minyak akan membuat komoditas lainnya akan terseret naik. Sebab akan ada peralihan hedging ke aset yang lebih aman. Hal ini akan mempengaruhi APBN. Di mana saat ini Indonesia merupakan negara importir minyak mentah. Hal ini disebabkan jumlah kebutuhan minyak lebih tinggi dibandingkan produksi minyak dalam negeri.

Padahal selama ini pemerintah masih melakukan subsidi pada kebutuhan migas masyarakat. Sehingga kenaikan harga komoditas akan membuat anggaran subsidi melebar. Di satu sisi kenaikan ini juga akan membuat penerimaan pajak akan meningkat.

Tentu pada level bawah, kenaikan ini akan dirasakan oleh masyarakat. Ketika harga minyak, gas dan emas meningkat maka tidak dapat dihindari akan ada kenaikan harga bahan pokok. Apalagi minyak dan gas juga merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Maka pada akhirnya daya beli masyarakat akan melemah.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang produk turunan dari minyak mentah pada yomemimo.com/tugas/12719729

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 18 Jul 22