Go-Jek adalah perusahaan teknologi yang menawarkan layanan transportasi berbasis ojek

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Go-Jek adalah perusahaan teknologi yang menawarkan layanan transportasi berbasis ojek online. Perusahaan ini didirikan oleh Nadiem Anwar Makarim, pria berkebangsaan Indonesia, pada tahun 2010. Ide untuk mendirikan Go-Jek adalah berdasarkan pengalaman pribadi Nadiem yang hampir setiap hari menggunakan transportasi ojek namun terkadang ketersediaannya sulit dicari. Nadiem juga melihatbahwa sebagian besar waktu yang dihabiskan pengemudi ojek adalah mangkal menunggu penumpang.
Padahal jika mendapat penumpang lebih banyak akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Berdasarkan hal-hal tersebut, Nadiem melihat peluang untuk membuat layanan yang dapat menghubungkan pengemudi ojek dan penumpang.
Pada tahun 2010, tepat pada tanggal 13 Okteober 2010, Go-Jek resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu, Go-Jek masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Kemudian seiring popularitas GO-JEL kian meningkat di kalangan masyarakat, sehingga Go-Jek mendapat tawaran investasi yang berdampak pada peluncuran aplikasi berbasis Android dan IOS untuk menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center.
Beberapa inovasi yang diluncurkan Go-Jek antara lain mengeluarkan beberapa produk/layanan berupa Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send dan berbagai layanan inovatif lainnya. Apa yang dilakukan oleh pendiri Gojek merupakan pelajaran tentang kasus bisnis bagaimana teknologi Informasi menambah inovasi suatu model bisnis. Bagaimana bisnis yang “ecek-ecek” tapi disentuh oleh pengetahuan menciptakan nilai inovasi dengan pemanfaatan teknologi mengubah model bisnis ojek tradisional menjadi lebih bernilai. Aplikasi berbasis mobile menjadikan model bisnis ini segera
berkembang pesat dan memberi keuntungan tidak hanya perusahaan tetapi juga masyarakat pengguna bisnis ini. Selain itu bisnis ini juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang.
Bacalah BMP Pengembangan Produk Modul 1 Kegiatan Belajar 1. Berdasarkan ulasan tersebut, jawablah pertanyaan No. 1 berikut: Sebutkan dan jelaskan setidaknya dua tipe inovasi yang diterapkan oleh Go-Jek berdasarkan tipe-tipe inovasi yang dijelaskan pada Modul 1 tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Inovasi GoFood

2. Inovasi Layanan Transportasi Gojek

3. Inovasi Layanan Logistik GoSend

Penjelasan:

1.Salah satu inovasi terkini GoFood yang digemari masyarakat, adalah fitur GoFood PLUS dan Order Sekaligus yang terbukti membuat pelanggan semakin setia dan mengandalkan GoFood.Kedua fitur ini, semakin memperkuat posisi GoFood sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan yang value for money. GoFood PLUS, merupakan paket berlangganan potongan harga langsung untuk bisa bebas menikmati beragam kuliner nikmat dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim.Sementara itu, fitur Order Sekaligus memungkinkan pelanggan memesan makanan atau minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi.

2.Setelah sukses dengan pilot project pertama untuk kendaraan listrik motor dan mobil, kali ini Gojek memperluas rencana pemanfaatan kendaraan listrik melalui uji coba komersial. Gojek bekerja sama dengan Pertamina, untuk penerapan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro.Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan. Selanjutnya, Gojek akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik, serta jarak tempuh penggunaan kendaraan listrik sebanyak satu juta kilometer.Di dalam uji coba komersial ini, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih layanan kendaraan listrik pada saat menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

3.Inovasi juga diterapkan pada layanan logistik, guna memudahkan konsumen melakukan pengiriman barang. Di saat yang sama, inovasi ini hadir demi mendukung para pelaku bisnis dan social seller untuk bertahan dan tetap tumbuh di masa pandemi.Salah satunya, adalah pengembangan GoSend API (integration application interface) yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis, sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

#jadikanjawabanterbaik

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Xeno009 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Jan 23