Apa jadinya bila kita belajar menguasai suatu cabang ilmu tertentu

Berikut ini adalah pertanyaan dari Adelia7643 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa jadinya bila kita belajar menguasai suatu cabang ilmu tertentu tanpa belajar filsafat

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jika kita belajar menguasai suatu cabang ilmu tertentu tanpa belajar filsafat itu menjadi tidak lengkap karena pada dasarnya ilmu pengetahuan memberikan informasi tentang dunia. Sedangkan, filsafat berurusan dengan norma-norma, nilai-nilai, dan makna dari kehidupan manusia. Dengan filsafat, pernyataan-pernyataan ilmiah akan menjadi jelas, karena dapat mengeksplorasi lebih jauh akibat dan implikasi dari pernyataan-pernyataan ilmiah tersebut.

Pembahasan

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu belajar filsafat, yaitu :

1. Menjadikan seorang yang kritis, peka terhadap lingkungan sekitar, dan juga bertindak anti-apatis.

2. Berpikir independen, artinya tidak 'hidup' berdasar pemikiran orang lain. Karena bisa berpikir secara pragmatis dan terbuka, sehingga membuatnya bisa melangkah lebih jauh.

3. Mampu berpikir secara rasional dan logis.

4. Memperluas wawasan yang dimiliki.

5. Mampu menganalisis setiap permasalahan, karena kita diajarkan untuk bisa mempertahankan pendapat, mengembangkannya secara sehat, menggunakan nalar dengan tepat, dan tidak menggunakan otot.

6. Berpikir secara fleksibel, artinya tidak terbelenggu dalam aturan dan kaidah, karena bisa menggantinya dengan ide-ide baru yang lebih efektif.

7. Memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi berdasar sebab-akibat, artinya bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebab yang mengawalinya.

8. Menjawab segala pertanyaan tentang kehidupan.

9. Menjadi seorang yang skeptis, lebih ke arah bagaimana mengamati lingkungan dan situasi sekitar, agar tidak langsung percaya pada suatu peristiwa atau berita, tapi harus bisa menemukan bukti yang kredibel serta valid, agar tidak termakan berita hoax.

Filsafat adalah hal yang penting dalam kehidupan, karena mengajarkan untuk melihat suatu masalah dari semua sisi. Mampu menjawab segala pertanyaan dengan metode berpikir yang logis dan tidak terikat norma. Pemikiran yang mengatakan bahwa belajar filsafat akan menjadi ateis adalah tidak benar. Karena justru filsafat bersifat terbuka, menawarkan alternatif metode berpikir untuk memecahkan masalah-masalah atau memperbaiki gejala-gejala yang selalu muncul di alam semesta.

Pelajari lebih lanjut      

Demikian pembahasan mengenai belajar ilmu filsafat. Untuk mempelajari lebih lanjut dapat dibaca secara lengkap pada link brainly di bawah ini :

1. Materi tentang perlunya perlu mempelajari filsafat yomemimo.com/tugas/13002316

2. Materi tentang pengertian filsafat yomemimo.com/tugas/2529999

2. Materi tentang tujuan mempelajari filsafat yomemimo.com/tugas/16325315

----------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban    

Kelas : X (SMA)    

Mapel : Ekonomi

Bab : Konsep Manajemen

Kode : 10.12.6

Kata kunci : belajar ilmu filsafat, alasan perlunya belajar filsafat

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rakhmahsania dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 14 Oct 19