3. Jelaskan pengertian ekonomi industri, ekonomi sumber daya manusia, ekonomi

Berikut ini adalah pertanyaan dari casmadimadi05 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Jelaskan pengertian ekonomi industri, ekonomi sumber daya manusia, ekonomi moneter, ekonomi publik, dan ekonomi internasional.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Apakah yang dimaksud dengan ekonomi sumber daya manusia? Ekonomi sumber daya manusia didefinisikan sebagai ilmu ekonomi yang diterapkan untuk menganalisis pembentukan dan pemanfaatan sumber daya manusia .

Pengertian sederhana tentang Ekonomi Moneter merujuk pada bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai sifat, fungsi, serta pengaruh uang dalam berbagai kegiatan ekonomi. Hematnya, ekonomi moneter berbicara mengenai bagaimana “uang” itu bekerja.

Dalam interpretasi luas, ekonomi publik adalah studi tentang kebijakan ekonomi, dengan penekanan khusus pada pajak. Subjek ini meliputi topik-topik yang beragam seperti respon untuk kegagalan pasar karena keberadaan eksternalitas dan penentuan kebijakan keamanan sosial yang optimal.

Ekonomi internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional.

Penjelasan:

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh wahyudwiputra3434 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 16 Nov 22