Berikut salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan adalah?a.harga barang substitusi

Berikut ini adalah pertanyaan dari ares162000 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikut salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan adalah?a.harga barang substitusi serta barang komplementer
b.kemajuan produksi
c.biaya produksi
d.ketersediaan sumber produksi
e.harapan atau ekspetasi produsen​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. harga barang substitusi serta barang komplementer

Penjelasan:

Apabila harga barang substitusinya (pengganti) turun, maka permintaan akan barang tersebut akan berkurang. Tentunya karena harga barang substitusinya terasa lebih murah dibandingkan harga barang tersebut. Namun, apabila harga barang substitusinya naik, maka permintaan barang tersebut akan meningkat. Berarti hubungan antara harga barang substitusi dan jumlah permintaan barangnya berbanding lurus atau positif.

Apabila harga barang komplementernya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan naik. Sebaliknya, jika harga barang komplementernya naik, maka permintaan akan barang tersebut akan turun. Berarti hubungan antara harga barang komplementer dan jumlah permintaan barangnya berbanding terbalik atau negatif.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dwiputriaprilia143 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Feb 23