Termasuk ke dalam aktivitas bisnis B2B atau B2C-kah kegiatan-kegiatan transaksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari bacosangkala90 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Termasuk ke dalam aktivitas bisnis B2B atau B2C-kah kegiatan-kegiatan transaksi berikut ini: a.Penjualan produk oleh PT Unilever ke distributor b. Penjualan produk dari Toko Aseng ke konsumen akhir Penjualan produk dari Distributor PT Wicaksana ke Carrefour C.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Penjualan produk oleh PT Unilever ke distributor merupakan aktivitas bisnis Business to Business atau B2B.
  2. Penjualan produk dari Toko Aseng ke konsumen akhir merupakan aktivitas bisnis Business to Customer  (B2C)
  3. Penjualan produk dari Distributor PT Wicaksana ke Carrefour merupakan aktivitas bisnis Business to Business atau B2B.

Penjelasan:

Business-to-business atau B2B adalah transaksi bisnis-ke-bisnis yang terjadi secara elektronik atau fisik, antara satu entitas dengan entitas lainnya. B2B adalah penjualan produk atau layanan yang disediakan oleh satu perusahaan ke perusahaan lain daripada konsumen. Contoh: Misalkan Anda menjalankan bisnis yang menjual bahan makanan dan menjual ke restoran  yang ada dan industri jasa makanan. Ini dikenal sebagai B2B karena bisnis atau layanan Anda ditujukan untuk bisnis lain, bukan untuk individu atau grup secara langsung.

Business to Customer adalah usaha yang memberikan pelayanan atau penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen perorangan atau kelompok. Tidak seperti B2b,  jenis transaksi ini berhubungan langsung dengan konsumen, bukan dengan perusahaan atau perusahaan lain. Contoh: Ada toko kelontong. Jika Anda menjual barang ke konsumen individu, bisnis Anda adalah B2C. Namun, jika Anda ingin menjual bahan makanan curah ke perusahaan lain, bisnis Anda adalah B2B. Secara umum, hampir semua produk B2C bisa menjadi produk B2B. Saat ini, beberapa produk B2B  digunakan langsung oleh konsumen individu.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang aktivitas bisnis, pada: yomemimo.com/tugas/3348445

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 02 Jul 22