2. Akankah fenomena "pembelajaran online alternatif " berhasil mengatasi tantangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari prieskhasunan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Akankah fenomena "pembelajaran online alternatif " berhasil mengatasi tantangan meningkatnya biayadan kurangnya akses ke pendidikan tinggi? Sebutkan keuntungan dan kerugiannya?
3. Sebutkan dan jelaskan sembilan (9) elemen literasi digital menurut Steve Wheeler (2012)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut pendapat saya, fenomena "pembelajaran online alternatif " dapat berhasil mengatasi tantangan meningkatnya biaya pendidikan apabila terdapat kebijakan sekolah untuk dapat memberikan subsidi kepada peserta didik agar lebih terjangkau karena dampak dari pandemik ini sangat kompleks, mulai dari penurunan penghasilan sampai hilangnya pekerjaan seseorang karena di-PHK. Untuk akses ke pendidikan tinggi (akses pembelajaran) dirasa tidak masalah selama daerah tempat tinggal mahasiswa tersebut terjangkau dengan jaringan internet dalam pembelajaran daring.

Keuntungan:

  • Mendapat pengalaman dalam belajar secara mandiri.
  • Mengurangi biaya, lembaga penyelenggara pembelajaran online dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan, menghilangkan pembangunan untuk sebuah kelas, dan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh pelajar untuk pergi sekolah.

Kerugian:

  • Kurang interaksi antara pelajar dan pengajar atau bahkan antara palajar itu sendiri sehingga dapat memperlambat terbentuknya value dalam proses belajar mengajar.
  • Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial.

Menurut Steve Wheeler (2012)terdapat sembilanelemen literasi digital, yaitu social networking, transliteracy, maintaining privacy, managing identity, creating content, organising and sharing content, reusing/repurposing content, filtering and selecting content,serta self broadcasting.

Pembahasan

  • Social Networking: hadirnya situs jejaring sosial.
  • Transliteracy: kemampuan memanfaatkan segala platform yangberbeda khususnya untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hinggamengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagailayanan online yang tersedia.
  • Maintaining privacy: menjaga privasi dalam dunia online.
  • Managing identity: cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya.
  • Creating content: suatu ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online.
  • Organising and sharing content: mengatur dan berbagi konten informasi agarlebih mudah tersebarkan.
  • Reusing/repurposing content: mampu membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersediahingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagaikebutuhan.
  • Filtering and selecting content: kemampuan mencari, menyaring dan memilih informasi dengan tepat sesuai dengankebutuhan yang diinginkan.
  • Self broadcasting: membagikan ide-ide menarik atau gagasan pribadidan konten multimedia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang pembelajaran efektif pada

yomemimo.com/tugas/6389506

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 02 Aug 22