Suatu negara membayar pembelian sejumlah komoditas dari negara lain dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari yahya4227 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Suatu negara membayar pembelian sejumlah komoditas dari negara lain dengan sistem open account. Pembayaran internasional dengan sistem open account menguntungkan importir karenaa. risiko pengiriman barang ditanggung oleh pihak eksportir
b. barang akan diterima setelah dilakukan pembayaran tunai
c. biaya angkut ditanggung bersama antara eksportir dan importir
d. barang akan dibayarkan berdasarkan jumlah yang terjual di pasar
e. surat perintah pembayaran dapat diperjualbelikan sesuai kesepakatan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem open accountdigunakan oleh suatunegarauntukmembayar pembelianterhadapkomoditas yang berasal dari negara lain. Importirmenjadi pihak yangdiuntungkanapabila pembayaran perdagangan internasional dilakukan dengan menggunakan open account karena(A) resiko pengiriman barang ditanggung oleh pihak eksportir.

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena open account adalah salah satu alat pembayaran yang bisa digunakan dalam perdagangan internasional dan dilakukan dengan cara eksportir yang mengirim barang terlebih dahulu kepada pihak importir tanpa menggunakan perintah pembayaran apapun atau dokumen. Maka dari itu, alat pembayaran ini biasanya digunakan oleh para eksportir yang sudah memiliki tingkat kepercayaan tinggi kepada importirnya karena alat pembayaran ini cenderung memiliki resiko yang tinggi bagi eksportir. Di sisi lain, importir mendapatkan banyak keuntungan apabila perdagangan internasional menggunakan open account sebagai alat pembayaran yang digunakan.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22