sebutkan dan jelaskan manfaat sistem pembayaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari KimHaNa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan manfaat sistem pembayaran

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Manfaat sistem pembayaran:
Sistem order belanja:
• Order belanja dengan order form
Cara order form adalah merchant menyediakan daftar produk yangditawarkan beserta deskripsi produknya. Di dalam order form, terdapat 2bagian , yaitu bagian penawaran produk, dan bagian jenis pembayaran.Pada bagian penawaran produk berisi produk yang ditawarkan, harga tiapbarang, dan disertai dengan deskripsi produk yang ditawarkan, tetapitidak menampilkan gambar produk tersebut. Sedangkan pada bagian jenispembayaran, merchant menyediakan form jenis-jenis pembayaran
• Order belanja dengan shopping cart
merupakan sebuah software yang digunakan merchant untuk mempermudah paracostumer dalam memilih barang yang ingin dibeli. Software ini akanmelakukan kalkulasi pajak penjualan, jumlah total barang yang dibeli,dan total keseluruhan biaya yang harus dibayar. Perbedan dengan orderform adalah, pada shopping chart ditampilkan gambar produk yang dijualdan deskripsi nya, sedangkan pada order form hanya deskripsi produktersebut.
Sistem pembayaran:
• Sistem Pembayaran Dengan Credit Card
Sistem pembayaran dengan menggunakan credit card adalah metode yangpembayaran yang paling banyak digunakan secara online. Beberapa caraatau kategori untuk penggunaan credit card sebagai metode pembayaran:
o Metode enkripsi dengan menggunakan protokol SSL.
Cara kerjanya yaitu protocol mengamankan atau memproteksi informasicredit card yang dikirimkan oleh cardholder ke merchant denganmenggunakan public key dan private key encryption.
o Metode three party payment system.
Atau disebut juga verifikasi pihak ketiga, yaitu terdapat pihak ketigayang berfungsi sebagai tempat atau gerbang pembayaran (payment gateway).Cara kerjanya yaitu cardholder memberikan informasi credit card kepadapihak ketiga. Dan payment gateway akan melakukan otorisasi. Danmengirimkan hasil otorisasi berupa suatu kode kepada merchant. Kemudianmerchant akan mengirimkan barang kepada pembeli (cardholder). Salah satucontoh adalah menggunakan SET (Secure Electronic Transaction).
• Sistem Pembayaran Off-line Dengan SmartCard
Sistem pembayaran off-line ini diterapkan apabila merchant sulitterhubung on-line ke suatu bank untuk melakukan otorisasi pembayaran.Cara kerjanya yaitu cardholder memasukan uang ke dalam smart card yangdisebut dengan uang elektronik, melalui ATM bank atau internet, dimanauang tersebut digunakan untuk belanja atau melakukan transaksi diinternet.
Setelah cardholder melakukan transaksi, pada selang waktu tertentu,merchant akan menagih nota penjualan kepada bank. Yang mana notapenjualan tersebut adalah yang diberikan oleh cardholder kepadamerchant. Dan sistem pembayarannya menggunakan smartcard dan metodekriptografi. Sistem ini adalah sistem yang paling baru diterapkan saatini.




Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Putriagustin134 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jun 14