1 Akibat adanya eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapital terhadap

Berikut ini adalah pertanyaan dari surnaikaazifa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Akibat adanya eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapital terhadap kaum buruh, maka buruhmengalami alienasi dari hasil produknya. Menghadapi kondisi ini, buruh tidak melakukan
perlawanan tetapi buruh pasrah menerimanya sebagai nasib yang harus diterima.
a. Berikan penjelasan dan analisis tentang konsep alienasi dan kesadaran palsu dari teori
Marx!
b. Kaitkanlah kedua konsep tersebut (alienasi dan kesadaran palsu) sehingga nampak posisi
buruh yang dieksploitasi oleh kaum kapitalis! Berikan uraian Anda dengan contoh/kasus!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Penjelasan mengenai konsep alienasi dan kesadaran palsu

  • Konsep Alienasi

Menurut Karl Marx, konsep alienasi kerja merupakan suatu kondisi dimana manusia tidak dapat merealisasikan dirinya dengan bebas dalam bekerja. Adapaun alienasi mucul disebabkan oleh masyarakat kapitalis yang sudah memonopoli aktualisasi diri individu dalam suatu pekerjaan. Para masyarakat kapitalis fokus untuk emndapatkan keuntungan yang besar dari kerja keras para buruh yang tidak mempunyai modal. Para buruh hanya dapat pasrah dan mengandalkan tenaga mereka untuk dapat dijual kepada para kapitalis. Adanya eksploitasi ini menyulutkan alienasi dalam bekerja.

  • Kesadaran Palsu

Kesadaran palsu merupakan sebuah kejadian yang didominasi oleh kalangan masyarakat tertentu terhadap masyarakat lain tanpa disadari masyarakat bersangkutan. Buruh-buruh yang berkerja pada industri kapitalis tersebut tidak merasa dirinya sedang dieksploitasi. Adapun kesadaran palsu ini bersifat individualis dan menyebabkan pandangan tentang adanya persaingan dengan orang lain dari pangkatnya.

b. Konsep alienasi dan kesadaran palsu, menggambarkan adanya ketidakbebasan para pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini disebabkan oleh adanya pemikiran mengenai persaingan antara atasan dengan bawahan yang disebabkan adanya sistem upah dan hak milik. Eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapitalis dapat terlihat dari pemilik modal yang memonopoli waktu para kaum buruh. Selain itu, gaji yang diberikan kepada kaum buruh ditentukan berdasarkan harga permintaan pasar oleh kaum pemilik. Contohnya, ketika seorang buruh pabrik sepatu yang memperoleh gaji sebesar 1.500.000 setiap minggunya. Sedangkan dalam satu minggu setiap buruh dapat memproduksi 300 sepatu dan dijual dengan harga 400.000 dengan biaya produksi 200.000. Artinya, buruh tersebut dapat menghasilkan laba bersih sebesar 60.000.000. Dapat kita lihat bahwa perbandingan upah tersebut yaitu 1:40 antara buruh dan pemilik modal. Mungkin para buruh menyadari adanya eksploitasi tersebut, namun karena mereka memanggap pemilik modal telah memberinya upah maka para buruh tersebut hanya dapat pasrah dan menyerahkan tenaganya untuk bekerja.

Pembahasan:

Konsep alienasi kerja terdiri atas empat jenis, antara lain alienasi hasil produksi, alienasi proses produksi, alienasi kemanusiaan dan alienasi dari manusia lainnya.

Kesadaran palsu merupakan kejadian yg timbul karna adanya anggapan bahwa diri sebagai bawahan dan pemilik modal sebagai atasan yang didasari pada kepemilikan modal tersebut bukan pada keahlian dalam bekerja.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang eksploitasi pada yomemimo.com/tugas/18747146

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Sep 22