3. Berbagai opini publik yang timbul tidak lepas dari peran

Berikut ini adalah pertanyaan dari saikomarsi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Berbagai opini publik yang timbul tidak lepas dari peran masyarakat sebagai individu dalam prosespembentukannya. Terdapat empat pokok yang dalam hubungannya dengan penilaian terhadap suatu
opini publik dapat diperhitungkan. Uraikan keempat pokok tersebut serta berikan beberapa contoh
masalah-masalah yang kontroversial atau menimbulkan opini yang berbeda-beda!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

4 Pokok opini publik beserta contoh kasus nya:

  1. Adanya suatu masalah yang bersifat (dipertentangkan). Contohnya ketika harga minyak goreng naik, hal ini merupakan masalah yang bertentangan dengan masyarakat.
  2. Adanya publik atau kumpulan orang yang melibatkan diri pada masalah itu. Contohnya seperti kasus Paris Fashion Week yang melibatkan banyak artis terkenal di Indonesia.
  3. Adanya interaksi yang berupa diskusi dan tukar pikiran mengenai masalah yang dipertentangkan. Contohnya seperti kasus kebijakan dana JHT yang diperdebatkan sehingga pemerintah membuka disuksi dengan tokoh masyarakat.
  4. Adanya pendapat yang terintegrasi terhadap suatu masalah. Contohnya seperti sebelum terjadinya konflik Rusia-Ukraina, terdapat banyak pendapat yang berhubungan bakal adanya konflik tersebut dan memicu Perang Dunia Ketiga.

Pembahasan:

Opini publik adalah pendapat atau pengintegrasian pendapat suatu kelompok masyarakat dan berasal dari  diskusi sosial para pemangku kepentingan terkait. Kelompok sikap dan keyakinan ini biasanya dimiliki oleh  orang dewasa.

Opini publik dapat dibimbing dan dibentuk oleh strategi yang matang. Pembentukan opini publik berdasarkan ilmu kehumasan melakukan tiga (tiga) fungsi: (1) melayani kepentingan publik, (2) melalui komunikasi yang terarah, (3) moralitas, kesantunan, Menghormati moralitas.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi opini publik: yomemimo.com/tugas/40141865

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 02 Aug 22