Rupiah Lebih Tangguh dari Ringgit, Ini Sebabnya Nilai tukar rupiah

Berikut ini adalah pertanyaan dari ikadekjendradedikjul pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Rupiah Lebih Tangguh dari Ringgit, Ini Sebabnya Nilai tukar rupiah sampai saat ini masih terus bergerak di kisaran angka 14.000 per dolar AS. Jika dihitung sepanjang 2015, nilai tukar rupiah sudah melemah 12-13 persen. Namun demikian, jika dibandingkan dengan beberapa negara serumpun yaitu Malaysia, yang juga lebih mengandalkan sektor komoditas, rupiah terlihat lebih perkasa dibandingkan ringgit, Malaysia. Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Anton Gunawan menungkapkan, ada satu hal utama yang menyebabkan pelemahan rupiah tak separah ringgit. 1 dari 2 ESPA "Kita relatif lebih bagus ya, sekali lagi relatif ya. Cadangan devisa (cadev) kami masih di US$107 miliar, mereka sudah turun sampai US$ 87 miliar dari US$ 140 miliar," tegas Anton. Sampai saat ini nilai tukar ringgit Malaysia sudah berada di angka 25 persen jika dibandingkan tahun lalu. Pelemahan ini menjadi yang terbesar di negara-negara kawasan. Pelemahan tersebut tak lepas dari pengaruh dua sentimen global yaitu rencana kenaikan suku bunga oleh The Fed dan devaluasi Yuan yang dilakukan pemerintah China. Kondisi Malaysia diperparah dengan adanya krisis kepercayaan masyarakatnya terhadap Perdana Menteri Najib Razak yang diindikasikan melakukan korupsi Rp 9,3 triliun. Sumber: Liputan6, 5 September 2015 Pertanyaan: Atas dasar narasi di atas anda diminta menganalisis apa yang menyebabkan nilai tukar suatu negara dengan negara lain berbeda-beda? Rupiah Lebih Tangguh dari Ringgit , Ini Sebabnya Nilai tukar rupiah sampai saat ini masih terus bergerak di kisaran angka 14.000 per dolar AS . Jika dihitung sepanjang 2015 , nilai tukar rupiah sudah melemah 12-13 persen . Namun demikian , jika dibandingkan dengan beberapa negara serumpun yaitu Malaysia , yang juga lebih mengandalkan sektor komoditas , rupiah terlihat lebih perkasa dibandingkan ringgit , Malaysia . Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Anton Gunawan menungkapkan , ada satu hal utama yang menyebabkan pelemahan rupiah tak separah ringgit . 1 dari 2 ESPA " Kita relatif lebih bagus ya , sekali lagi relatif ya . Cadangan devisa ( cadev ) kami masih di US $ 107 miliar , mereka sudah turun sampai US $ 87 miliar dari US $ 140 miliar , " tegas Anton . Sampai saat ini nilai tukar ringgit Malaysia sudah berada di angka 25 persen jika dibandingkan tahun lalu . Pelemahan ini menjadi yang terbesar di negara - negara kawasan . Pelemahan tersebut tak lepas dari pengaruh dua sentimen global yaitu rencana kenaikan suku bunga oleh The Fed dan devaluasi Yuan yang dilakukan pemerintah China . Kondisi Malaysia diperparah dengan adanya krisis kepercayaan masyarakatnya terhadap Perdana Menteri Najib Razak yang diindikasikan melakukan korupsi Rp 9,3 triliun . Sumber : Liputan6 , 5 September 2015 Pertanyaan : Atas dasar narasi di atas anda diminta menganalisis apa yang menyebabkan nilai tukar suatu negara dengan negara lain berbeda - beda ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pada mata uang di setiap negara terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Faktor yang menyebabkan perbedaan nilai tukar mata uang di setiap negara antar lain perbedaan tingkat inflasi, perbedaan tingkat suku bunga, defisit akun berjalan, adanya utang publik, ketentuan perdagangan, dan stabilitas politik dan kinerja ekonomi. Berikut penjelasan mengenai 6 faktor penyebab perbedaan nilai tukar di setiap negara:

1. Perbedaan tingkat inflasi

Adapun pada beberapa negara memiliki tingkat inflasi yang berbeda. Pada negara yang memiliki tingkat inflasi lebih rendah cenderung mengalami peningkatan nilai mata uang, sebaliknya pada negara yang tingkat inflasinya lebih tinggi cenderung mengalami depresiasi pada mata uang negara mereka.

2. Perbedaan suku bunga

Suku bunga pada dasarnya memiliki pengaruh terhadap inflasi serta nilai tukar. Apabila suku bunga lebih tinggi maka memberikan keuntungan bagi kreditur atau menarik modal asing dan menyebabkan nilai tukar meningkat. Sebaliknya, jika suku bunga rendah maka menyebabkan nilai tukar menurun.

3. Defisit akun berjalan

Adanya defisit ini menunjukkan bahwa suatu negara mengeluarkan dana lebih banyak pada perdagangan luar negeri, sehingga harus meminjam modal yang bersumber dari asing untuk menutupi defisitnya. Dengan kata lain, suatu negara membutuhkan lebih banyak mata uang asing melalui ekspor dna memasok lebih banyak mata uang lokal untuk produk-produknya.

4. Utang publik

Negara yang mengalami defisit cenderung untuk berutang guna menutupi defisitnya. Namun, jika utang yang dimiliki sangatlah besar, maka investor asing akan cenderung tidak tertarik untuk berinvestasi. Utang yang besar juga menimbulkan adanya inflasi dan bisa saja utang tersebut tidak dibayar. Inflasi tersebut dapat terjadi jika suatu negara memproduksi atau mencetak uang guna membayar utang mereka, akibatnya jumlah uang yang beredar semakin meningkat dan timbullah inflasi.

5. Ketentuan perdagangan

Jika harga dari ekspor negara meningkat daripada impor, maka akan menguntungkan ketentuan perdagangan yaitu tingkat permintaan lebih besar pada ekspor suatu negara tersebut. Hal ini meningkatkan pendapatan dari ekspor dan meningkatkan mata uang suatu negara.

6. Stabilitas politik dan kinerja ekonomi

Suatu negara dengan stabilitas politik dan kinerja ekonomi yang baik dapat menarik investor asing dan menyebabkan kepercayaa terhadap mata uang dan pergerakan modal yang meningkat.

Pembahasan:

Mata uang adalah satuan dari harga uang yang telah disetujui oleh pemerintah dan rakyat pada suatu negara. Pada setiap negara memiliki mata uang dan nilai tukar yang berbeda-beda.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang mata uang pada yomemimo.com/tugas/6362120

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Sep 22