1 Akibat adanya eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapital terhadap

Berikut ini adalah pertanyaan dari hatidayyi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Akibat adanya eksploitasi yang dilakukan oleh kaum kapital terhadap kaum buruh, maka buruhmengalami alienasi dari hasil produknya. Menghadapi kondisi ini, buruh tidak melakukan
perlawanan tetapi buruh pasrah menerimanya sebagai nasib yang harus diterima.
a. Berikan penjelasan dan analisis tentang konsep alienasi dan kesadaran palsu dari teori
Marx!
b. Kaitkanlah kedua konsep tersebut (alienasi dan kesadaran palsu) sehingga nampak posisi
buruh yang dieksploitasi oleh kaum kapitalis! Berikan uraian Anda dengan contoh/kasus!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Konsep Alienasi

Konsep alienasi kerja menurut Karl Marx yaitu suatu kondisi dimana manusia tidak mampu merealisasikan dirinya secara bebas dalam bekerja. Alienasi timbul akibat masyarakat kapitalis yang telah memonopoli aktualisasi diri individu dalam pekerjaannya. Para kapitalis fokus memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari hasil kerja keras para buruh yang tidak memiliki modal. Para buruh hanya bisa pasrah dan mengandalkan tenaga untuk dijual kepada para kapitalis. Adanya eksploitasi yang dilakukan oleh para kapitalis dan buruh menyulutkan alienasi dalam bekerja.

Kesadaran Palsu

Kesadaran palsu merupakan sebuah fenomena dominasi oleh kelas masyarakat tertentu terhadap kelas masyarakat lain yang berlangsung alamiah tanpa disadari oleh kelas masyarakat yang bersangkutan. Buruh-buruh yang berkerja pada industri kapitalis tidak merasa dirinya sedang dieksploitasi oleh pemiliknya. Kesadaran palsu bersifat individualis dan mengakibatkan pandangan tentang adanya persaingan dengan orang lain dari pangkatnya.

b. Konsep alienasi dan kesadaran palsu, menggambarkan sebuah ketidakbebasan seorang pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini diakibatkan adanya pandangan mengenai persaingan antara atasan dan bawahan karena terdapat sistem upah dan hak milik. Eksploitasi buruh oleh kaum kapital terlihat dari pemilik modal yang memonopoli waktu yang dimiliki oleh kaum buruh. Selain itu, harga dari tenaga yang diberikan oleh kaum buruh ditentukan berdasarkan harga permintaan pasar oleh kaum pemilik. Contohnya adalah ketika seorang buruh kerja pabrik tas yang memperoleh gaji sebesar 2.000.000 setiap minggu. Sedangkan dalam satu minggu buruh tersebut dapat memproduksi 200 sepatu yang dijual dengan harga 300.000 dengan biaya produksi 200.000. Artinya, buruh dapat menghasilkan laba bersih sebanyak 20.000.000. Perbandingan upah tersebut yaitu 1:10 antara buruh dan pemilik modal. Buruh tersebut mungkin menyadari adanya eksploitasi tersebut, tetapi karena memanggap pemilik modal telah memberinya upah. Buruh tersebut hanya pasrah dan menyerahkan tenaganya untuk bekerja dengan baik.

Penjelasan:

Konsep alienasi kerja terdiri atas empat jenis, antara lain alienasi hasil produksi, alienasi proses produksi, alienasi kemanusiaan dan alienasi dari manusia lainnya. Menurut pendapat Karl Marx, alienasi tersebut dapat dihilangkan melalui penghapusan hak milik pribadi dan sistem upah.

Kesadaran palsu timbul akibat adanya anggapan diri sebagai bawahan dan pemilik modal sebagai atasan yang didasarkan pada kepemilikan modal tersebut bukan pada keahlian dalam bekerja.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang eksploitasi pada yomemimo.com/tugas/18747146

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22