Jelaskan jenis pajak ditinjau dari golongannya !

Berikut ini adalah pertanyaan dari NurulMthmainah100 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan jenis pajak ditinjau dari golongannya !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jenis pajak dilihat dari golongannya, adalah berdasarkan beberapa hal:

  1. Cara pemungutannya: pajak langsung dan pajak tidak langsung
  2. Sifatnya: pajak subjektif dan pajak objektif

Pembahasan

Menurut cara pemungutan, Pajak Langsung adalah pajak yang bebannya tidak dapat diberikan kepada orang lain dan wajib pajak harus menanggungnya sendiri. Pajak Tidak Langsung adalah pajak yang  tidak memiliki surat ketetapan pajak sehingga bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain.

Menurut sifatnya,Pajak subjektifadalah pajak yang berpangkal pada subjeknya dan memperhatikan keadaan diri wajib pajak, contohnya PPh. Pajak objektif berpangkal dari nilai dari objeknya, contohnya PPN.

Membayar pajak bersifat memaksa karena telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945. Dengan membayar pajak maka pembangunan negara beserta infrastruktur didalamnya akan berjalan dengan lancar, seperti pembangunan jalan tol, fasilitas umum, jalan raya, dan jembatan.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai pajak pada yomemimo.com/tugas/50674213

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Sep 22