7, Perhatikan wacana berikut! Musim hujan yang tidak dapat diprediksi,

Berikut ini adalah pertanyaan dari fidininur9555 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

7, Perhatikan wacana berikut!Musim hujan yang tidak dapat diprediksi, menyebabkan hasil panen sayuran Pak Dika menurun. Kondisi ini disikapi Pak Dika dengan menaikkan harga jual sayuran di pasar.
Dampak positif yang ditimbulkan akibat kelangkaan sayuran adalah ....
a. konsumen sayur beralih ke daging yang lebih murah
b. Pak Dika beralih menanam tanaman yang tahan cuaca
c. jumlah produksi sayuran Pak Dika meningkat
d. konsumen lebih bijak mengolah sayuran seoptimal mungkin
e. kualitas sayuran hasil pertanian Pak Dika makin tinggi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pak Dika menaikkan harga jual sayuran di pasarkarena adanyapenurunan produksi sayuran Pak Dika yang menurun dikarenakan musim hujanyangtidak bisa diprediksi. Dengan adanya kelangkaan sayuran tersebut, dampak positifyang ditimbulkan adalah(D) konsumen lebih bijak mengolah sayuran seoptimal mungkin.

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena disebutkan pada soal secara jelas bahwa produksi panen sayuran yang dihasilkan oleh Pak Dika menurun dengan adanya musim hujan yang tidak bisa diprediksi. Dengan menurunnya tingkat produksi sayuran tersebut, maka jumlah sayuran yang ada di pasar juga akan berkurang secara signifikan. Adanya penurunan kuantitas sayuran tersebut akan mendorong masyarakat untuk menggunakan dan mengolah sayuran dengan lebih optimal dengan tujuan menghemat penggunaan sayuran dikarenakan harga sayuran yang tentunya menjadi lebih mahal dengan adanya kelangkaan sayuran tersebut.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22