1 Rudi merupakan pengguna mobil mewah yang seenaknya memarkirkan mobil

Berikut ini adalah pertanyaan dari citraayy21 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Rudi merupakan pengguna mobil mewah yang seenaknya memarkirkan mobil mewah di pinggir jalan raya yang mana bukan tempat untuk parker sehingga mengakibatkan kemacetan dan mengganggu ketertiban lalulintas serta melanggar peraturan di kota Surabaya.a. Dari kasus diatas mana yang merupakan objek hukum. Coba Anda analisis!
b. Akibat hukum apa yang akan diterima oleh Rudi dari kasus diatas?
2 Amir memiliki rumah yang akan disewakan kepada Lina , Lina sudah menyetujui harga yang ditetapkan oleh Amir satu bulannya sebesar 500 ribu rupiah secara lisan, lalu tanpa sepengetahuan Lina, satu bulan kemudian Amir menyewakan rumahnya kepada orang lain.
a) Menurut saudara apakah perbuatan Amir ini sesuai dengan kebebasan berkontrak. Coba Anda analisis!
b) Analisislah kebebasan dalam membuat kontrak dalam kasus diatas?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Nomor 1

a. Objek hukum dari kasus dalam soal nomor 1 adalah perbuatan parkir secara sembarangan.
b. Akibat hukum yang akan diterima oleh Rudi dalam kasus tersebut adalah pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda sebesar Rp 500.000,00 berdasarkan Pasal 287 ayat ( 1 ) tentang melanggar rambu-rambu atau marka.

Nomor 2

a. Perbuatan Amir di atas tidak sesuai dengan kebebasan berkontrak, karena Amir melanggar perjanjian yang sudah ia buat dengan Lina.
b. Perjanjian kontrak yang dilakukan Amir dengan Lina merupakan salah satu asas hukum yang dianut dalam hukum perjanjian yaitu “asas kebebasan berkontrak.” Asas tersebut berarti  setiap orang bebas untuk mengadakan suatu perjanjian yang memuat syarat-syarat perjanjian dengan model dan bentuk apa pun, selama perjanjian tersebut dibuat secara sah, beritikad baik, dan tidak melanggar ketertiban umum maupun saling merugikan satu dengan yang lain.

Amir dan Lina membuat kontrak terkait dengan penyewaan rumah Amir, namun Amir melanggar kontrak/perjanjian yang ia buat.

Pembahasan

Objek hukum adalah hal-hal yang dapat dikategorikan sebagai permasalahan hukum yang sudah dilakukan oleh pelanggar hukum sesuai dengan peraturan atau perundang-undangan hukum yang sah.

Kebebasan berkontrak merupakan perwujudan dari kehendak bebas sebagai hak asasinya karena berhubungan dengan isi perjanjian.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang objek hukum yomemimo.com/tugas/10290884

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ChristaviaAyunda dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Jan 23