Berikanlah contoh perusahaan yang saat ini telah melaksanakan tanggung jawab

Berikut ini adalah pertanyaan dari lalalalala190604 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikanlah contoh perusahaan yang saat ini telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya dan sebutkan hal apa saja yang telah dilakukannya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Danone AQUA

Sebagia perusahaan air minum, Aqua memberikan perhatian besar dalam CSR. Hal itu dapat disaksikan pada tahun 2005 dengan melaksanakan Program Aqua Lestari.

Program Aqua ini diketahui sebagai sustainable initiative. Perspektif pengelolaan dampak pun mulai terlihat. Danone melakukan kajian perhatian pemangku kepentingan serta isu yang harus ditangani perusahaan.

Seperti dari aspek transportasi, pengelolaan limbah, akses air, konservasi, program pengembangan masyarakat dan lainnya.

Di pihak internal sendiri masing-masing Departemen mulai bergerak menggarap dampak eksternalitas maupun peluang untuk memperbesar kontribusi positif yang terkait dengan aktivitasnya.

Selain itu terdapat program yang disebut dengan Aqua 1 untuk 10. Program ini dimulai sejak tahun 2006.

Dalam program ini, Aqua mengambil peran terhadap tantangan mengambil peran strategis implementasi CSR Danone Aqua.

Pada tahun 2006, Danone Aqua bekerjasama Danone Wetland dan UNESCO membuat program pengenalan pendidikan lingkungan kepada siswa Sekolah Dasar melalui permainan Ramsar.


Permainan berbentuk ular tangga dan monopoli yang isinya mengenai pengetahuan lingkungan. Program ini diketahui melibatkan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah di daerah.

2. PT Telkom Indonesia

Sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia menyalurkan CSR nya dengan menjalankan program Indonesia Digital Learning (IDL).

Diketahui bahwa program ini mendorong terjadinya perubahan paradigma digital untuk guru yang ada diseluruh Indonesia.

Melalui program CSR ini, PT Telkom Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai The Best Program oleh The La Tofi School of CSR Program IDL dinilai CSR terbaik sebab memberikan pengaruh positif terhadap perubahan kehidupan komunitas guru di Indonesia.

Sebab IDL mampu meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kualitas pengajar lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Hal ini jugalah yang para dewan juri yang beranggotakan Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi, Direktur Eksekutif Komisi CSR Nasional Wahyu Aris Darmono, dan Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad memberikan PT Telkom sebagai perusahaan nasional yang memiliki program CSR terbaik pada tahun 2016.

3. PT Unilever Indonesia

PT.Unilever Indonesia telah banyak melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat,

Secara berkelanjutan tidak hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang merupakan produk rumah tangga.

Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa kepercayaan masyarakat.Program CSR yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy),

Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent) dan Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.

Sementara dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang: Program pemberdayaan masyarakat/UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat/PHBS).

4. PT Semen Gresik

PT Semen Gresik, salah satu operating company PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali meluncurkan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) unggulan 2017 untuk memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan. Lima program CSR terbaik unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017.

5. PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali)

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu program yang di buat untuk menjadi jembatan bagi Perusahaan dan masyarakat sekitar untuk berkomunikasi.

Aktivitas CSR perusahaan ini menggelar program bernama Akademi Komunitas. Program ini menyalurkan pendidikan gratis D1 kelistrikan untuk masyarakat yang berada di sekitar Unit Pembangkit.

Tidak hanya itu, perusahaan nasional ini juga membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran dengan cara memberikan pekerjaan di Unit Pembangkit setelah lulus dari pendidikan D1 kelistrikan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh maesiee3 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 25 Feb 23