Pasar faktor produksi berbeda dengan pasar produk karena ..

Berikut ini adalah pertanyaan dari satria1531 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pasar faktor produksi berbeda dengan pasar produk karena ..

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar faktor (factor market) mengacu pada pasar untuk input-input produksi seperti tanah, tenaga kerja, dan modal. Di pasar ini, perusahaan adalah pembeli. Sedangkan, rumah tangga adalah penjual faktor produksi. Rumah tangga memasok tenaga kerja, tanah, dan modal (dalam bentuk tabungan mereka) yang digunakan oleh perusahaan.

Contoh dari pasar ini adalah pasar untuk bahan baku misalnya aluminum dan baja, yang merupakan dua bahan yang digunakan untuk industri mobil. Sedangkan, pasar mobil adalah pasar barang, dimana pemanufaktur menjualnya ke konsumen atau perantara perdagangan.

Perbedaan pasar faktor dengan pasar barang

Pasar faktor adalah pasar untuk input (sumber daya) yang digunakan perusahaan dalam proses produksi. Beberapa contoh adalah pasar tenaga kerja, pasar bahan baku, dan pasar modal fisik.

Pasar faktor berbeda dari pasar barang. Jika pasar faktor memperdagangkan input produksi, pasar barang memperdagangkan output produksi.

Peran rumah tangga dan perusahaan juga terbalik di kedua pasar. Rumah tangga memasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan. Sebagai kompensasi, mereka menerima uang, yang dapat mereka gunakan untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan di pasar barang.

Sebaliknya, di pasar barang, rumah tangga adalah pembeli barang dan jasa perusahaan. Perusahaan kemudian menggunakan pendapatan penjualan untuk membeli input di pasar faktor.

Dalam bidang ekonomi, interaksi antara rumah tangga dan perusahaan diilustrasikan oleh model aliran sirkuler. Model tersebut menggambarkan aliran barang, jasa, dan uang di antara keduanya.

Pasar faktor sebagai elemen dalam perekonomian

Pasar faktor dan pasar barang dan jasa, keduanya membentuk lingkaran untuk aliran uang. Perusahaan membeli sumber daya dari rumah tangga dan mengubah input menjadi barang dan jasa menengah dan akhir. Sebagai kompensasi, mereka membayar upah, sewa atau bunga, yang menjadi sumber pendapatan bagi rumah tangga.

Rumah tangga kemudian membelanjakan gaji dan upah mereka untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan. Alternatifnya, rumah tangga menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung pada beberapa instrumen di pasar keuangan.

Harga faktor mewakili pendapatan bagi pemiliknya, misalnya, upah yang diterima oleh pekerja, atau sewa bagi pemilih properti. Harga dari masing-masing faktor ditentukan oleh permintaan dan penawaran dan merupakan permintaan turunan karena sangat tergantung pada permintaan untuk output.

Ketika pertumbuhan ekonomi sedang booming, permintaan faktor-faktor produksi tinggi. Oleh karena itu, misalnya upah akan naik karena permintaan akan pekerja yang tinggi.

Sebaliknya, ketika perekonomian mengalami resesi, permintaan jatuh. Tingkat pengangguran tinggi dan upah akan tetap stagnan atau bahkan turun.

Penjelasan:

JADIKAN JAWABAN TERCEDAS ^_^

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh chrskani80 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 04 Jul 22