menyadap seseorang secara umum bertentangan dengan hak asasi dan privacy

Berikut ini adalah pertanyaan dari wwwsucaytheluma71 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

menyadap seseorang secara umum bertentangan dengan hak asasi dan privacy seseorang setujukah anda dengan pernyataan diatas?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Setuju dengan dengan statement menyadap seseorang melanggar hak asasi dan privasi. Karena hal ini sudah diatur dalam Undang - Undang Telekomunikasi Penyadapan Pasal 40 Undang - Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi dengan bunyi “Setiap orang Setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun”. Sudah jelas dari Undang - Undang tersebut bahwa hal ini sangat dilarang karena pada dasarnya informasi yang dimiliki oleh seseorang adalah hak pribadi.

Pembahasan

Penyadapan atau bisa juga menyadap menurut KBBI memiliki arti mendengarkan informasi bisa dengan cara merekam secara rahasia dengan sengaja tanpa sepengetahuan korban. Lebih rinci lagi menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”) Penyadapan juga bisa disebut intersepsi. Intersepsi merupakan suatu kegiatan dengan tujuan untuk mendengarkan, merekam, mengubah, membelokkan, menghambat atau mencatat transmisi suatu informasi elektronik bisa juga dalam bentuk dokumen yang bersifat privat dan tidak publik dengan menggunakan jaringan nirkabel maupun komunikasi.

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari materi tentang UU ITE yomemimo.com/tugas/7839903

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 11 Oct 22