(Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan) Analisislah iklan tersebut menggunakan Teori Proses dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari monik07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

(Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan) Analisislah iklan tersebut menggunakan Teori Proses dan Efek Media! Anda juga dapat menguraikannya berdasarkan aspek-aspek berikut ini: Produk apa yang ditawarkan oleh iklan tersebut? Pesan apa yang berusaha disampaikan? Bagaimana visualisasinya? Apa efek yang diharapkan dari konsumen jika menonton iklan tersebut? Bagaimana penerimaan khalayak/penonton terhadap iklan ini? Teori proses dan efek media apa yang relevan dengan fenomena iklan ini? Berikan pendapat Anda!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut hasil analisis iklan dari Gojek yakni ‘Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan’:

  1. Produk yang ditawarkan oleh iklan adalah jasa transportasi online.
  2. Pesan yang berusaha mereka sampaikan adalah bahwa Gojek hadir sebagai solusi bagi mereka yang cerdik. Oleh sebab itu, salah satu kata yang mereka tonjolkan adalah ‘cerdikiawan’ yang dalam iklan ditampilkan selalu punya solusi atas masalah yang mereka hadapi dengan memanfaatkan benda-benda sederhana di sekitarnya. Dari penggiringan ini, Gojek bermaksud memposisikan dirinya sebagai solusi atas permasalahan (transportasi) masyarakat.
  3. Visualisasi iklan ini menampilkan kisah sejumlah orang cerdik yang selalu bisa menyelesaikan masalahnya lewat solusi yang memanfaatkan hal-hal sederhana di sekitarnya seperti kisah cerdikiawan yang menyelesaikan masalah dispenser rusak dengan garpu, penggunaan cangkul sebagai tongsis dan lain-lain.
  4. Efek yang diharapkan pada konsumen selepas menyaksikan iklan adalah menjadikan gojek sebagai solusi cerdas dari persoalan (transportasi) yang mereka hadapi.
  5. Penerimaan khalayak sangat baik sebab kemasan iklan berbeda dan menarik diikuti dari awal sampai akhir. Bahkan iklan ini sendiri memperoleh penghargaan gold sebagai film craft terbaik di ajang Citra Pariwara.
  6. Teori proses dan efek media yang relevan dengan fenomena di iklan ini adalah teori model peluru dan teori priming.

Pembahasan

Gojek adalah salah satu perusahaan transportasi berbasis online. Produk mereka berupa jasa yang bisa diakses lewat internet. Pada tahun 2019, Gojek meluncurkan iklan bertajuk 'Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan' yang menarik perhatian khalayak.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 26 Jan 23