tuliskan 5 hak warga negara

Berikut ini adalah pertanyaan dari raudahsalmanoxvbvt pada mata pelajaran PPKn untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tuliskan 5 hak warga negara

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Lima hak warga negara antara lain:

  • Hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran
  • Hak untuk menikah dan berkeluarga
  • Hak untuk hidup dengan standar yang layak
  • Hak untuk menganut agama
  • Hak untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat

Pembahasan

Sebagai seorang warga negara, kita tentu memiliki hak dan kewajiban yang harus berjalan selaras dan seimbang. Pada umumnya, hak dan kewajiban warga negara sudah diatur oleh suatu negara. Beberapa contoh hak tersebut, seperti:

  • Hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran. Dengan tersedianya sistem pendidikan, sumber daya manusia, dan fasilitas yang tersedia dari pemerintah, kita sebagai warga negara memiliki hak untuk menggunakan untuk menerima pendidikan dan pengajaran. Namun, kita juga perlu melaksanakan kewajiban untuk membayar dan mengikuti proses pendidikan dengan bertanggung jawab.
  • Hak untuk menikah dan berkeluarga. Sebagai warga negara, kita berhak untuk memiliki pasangan maupun tidak dan berkeluarga karena negara sudah bertanggung jawab dalam melindungi setiap warga negaranya. Tentu dengan adanya hak ini, kita berkewajiban untuk membangun keluarga yang baik agar menghasilkan generasi yang baik untuk negara di masa berikutnya.
  • Hak untuk hidup dengan standar yang layak. Negara tentu sudah menyediakan berbagai hal bagi warga negaranya, oleh karena itu, setiap warga negara berhak untuk hidup dengan standar yang layak dimana jauh dari kemiskinan. Namun, hal ini juga tak lepas dari kewajiban dari setiap warga negara untuk mau berusaha mencukupi kebutuhan dengan berbagai usaha yang sesuai dengan peraturan.
  • Hak untuk menganut agama. Sebagai warga negara, kita bebas untuk memilih agama yang ingin kita anut dan percayai. Selain itu, negara juga mengizinkan keberadaan hari raya, tempat ibadah, hingga upacara keagamaan. Dengan hak ini, kita juga berkewajiban untuk menjalankan agama kita anut dengan kesadaran pribadi dan membangun toleransi terhadap agama lain.
  • Hak untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat. Kita hidup di negara demokrasi dimana kita dapat menyampaikan pendapat, pandangan, dan aspirasi terhadap apa yang berlangsung di tengah masyarakat maupun terhadap pemerintah. Akan tetapi, penggunaan hak ini harus memperhatikan peraturan yang ada dan bukan berujung pada tindakan menyerang. Namun, seharusnya berupa hal-hal yang bersifat membangun untuk kemajuan bersama.

Pelajari lebih lanjut

  1. Perbedaan warga negara dan penduduk - yomemimo.com/tugas/31369728
  2. Pengertian hak dan kewajiban- yomemimo.com/tugas/34610543
  3. Contoh kewajiban warga negara - yomemimo.com/tugas/27089259

----------------------------------------------------------

Detail jawaban

Mata pelajaran: PPKN

Materi: Bab 5 - Warga Negara Indonesia

Kelas: 10 SMA

Kode kategorisasi: 10.9.5

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ChrLiem dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 13 Jan 18