1 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA POKADULU (KERJASAMA) Perjalanan sejarah kehidupan

Berikut ini adalah pertanyaan dari puapsyasi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA POKADULU (KERJASAMA) Perjalanan sejarah kehidupan bangsa, gotong royong menjadi perekat sosial paling efektif karena bentuk nyata dari nilai solidaritas yang tinggi dalam menjunjung nilai-nilai kemanusiaan antar masyarakat. Dengan demikian budaya gotong royong perlu dilestarikan agar tidak terkikis budaya individualistis yang sensitif terhadap situasi dan kondisi sekitarnya. Berkenan dengan usaha pengembangan kebudayaan Nasional Indonesia maka pemahaman mengenai berbagai unsur kebudayaan daerah di seluruh Indonesia mutlak diperlukan. Arti penting pemahaman unsur budaya semacam ini adalah mengetahui nilai-nilai budaya yang terkandung dalam unsur kebudayaan agar dapat dijadikan kerangka acuan bertindak oleh warga masyarakat pendukung kebudayaan bersangkutan. Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi yang terdapat dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengakui Pancasila sebagai ideologi Negara. Budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan dari Pancasila yaitu sila ketiga yakni persatuan Indonesia. Maka dengan gotong royong akan memupuk rasa kebersamaan, meningkatkan solidaritas sosial, mempererat tali persaudaraan, menyadarkan masyarakat akan kepentingan umum dan tanggung jawab sosial, menciptakan kerukunan, toleransi yang tinggi serta rasa persatuan dalam masyarakat. Salah satu daerah yang ada dideretan pulau Sulawesi Tenggara adalah Pulau Muna, yang sebagian wilayahnya berada di bawah pemerintahan Kabupaten Muna. Masyarakat Muna mempunyai keragaman budaya, hukum adat istiadat dan pengetahuan serta kebiasaan lain yang membedakannya dengan masyarakat lainnya, salah satunya budaya Pokadulu. Menurut Koentjaraningrat budaya gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Budaya gotong royong tolong menolong terjadi pada setiap aktivitas sosial lainnya seperti bidang pertanian, kematian, hajatan dan pembangunan fasilitas umum dengan azas timbal balik atau balas jasa. Samahalnya dengan tradisi Pokadulu pada masyarakat desa Warambe kegiatan gotong royong tolong menolong seperti yang diungkapkan Koentjaraningrat bahwa kegiatan yang dilakukan secara bersamasama dengan azas timbal balik dengan berbagai aturan main yang telah disepakati bersama antar sesama anggota dalam kegiatan pertanian. Sumber: Darwin, La Ode Monto Bauto, dan Megawati A. Tawulo. Implementasi Nilai Sosial Budaya (Pokadulu). Jurnal Neo Societal. Vol. 2. 2017 Pertanyaan: Berdasarkan bacaan tersebut, bagaimana nilai-nilai gotong royong yang berlaku pada masyarakat Desa Warambe dan bagaimana implementasi budaya Pokudulu pada Masyarakat Petani Di Desa Warambe?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Budaya gotong royong perlu dilestarikan agar tidak terkikis budaya individualistis yang sensitif terhadap situasi dan kondisi sekitarnya.  Gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu) di antara para anggota dalam suatu kelompok atau komunitas

Pembahasan

Baik gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti akan sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Baik itu manfaat melalui hasil gotong royong, juga melalui proses gotong royong. Melalui proses gotong royong, akan tumbuh rasa persatuan dan kekeluargaan yang lebih dalam antara masyarakat. Dengan hasilnya, tentu kita dapat memakai dan menikmati fasilitas/produk yang dihasilkan.

Budaya gotong royong tolong menolong juga terjadi pada setiap aktivitas sosial lainnya seperti dalam bidang pertanian. Proses pelaksanaan budaya pokadulu dalam aktivitas pertanian ini menciptakan nilai-nilai positif sebagai sistem kerjasama yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat.

Implementasi Nilai-nilai sosial Budaya Pokadulu pada masyarakat Desa Warambe diantaranya nilai persatuan tolong-menolong, kebersamaan,  serta nilai sosialisasi diterapkan dalam kegiatan pertanian yang di mulai pada saat pembukaan dan pembersihan lahan, bercocok tanam hingga panen. Kegiatan sosial berlanjut bahkan hingga kehidupan sehari-hari masyarakat, bukan hanya di ladang. Budaya Pokadulu merupakan warisan kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Budaya pokadulu ini memiliki nilai-nilai sosial yang tinggi serta sebagai pranata sosial yang dapat dikembangkan untuk menunjang kehidupan bermasyarakat dengan semangat solidaritas tinggi antar sesama manusia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi gotong royong pada yomemimo.com/tugas/1145502

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22