1.BUMS ikut berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran.

Berikut ini adalah pertanyaan dari cherasugar12 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1.BUMS ikut berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran. Bagaimana upaya BUMS dalam menjalankan peran tersebut?2.Firma dan persekutuan komanditer merupakan badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih. Tuliskan perbedaan karakteristik antara dua badan usaha tersebut! 3.Tuliskan tiga kelebihan dan kelemahan perseroan terbatas!
4.Sebelum mendirikan usaha, perusahaan sebaiknya melakukan studi kelayakan usaha. Tuliskan tujuan dari kegiatan tersebut!
5. Pengelolaan sumber daya primer dilakukan oleh pemerintah melalui badan usaha negara. Seiring berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan pemerintah meminta BUMS ikut serta dalam mengelola sumber daya primer. Apakah Anda setuju apabila BUMS ikut serta dalam mengelola sumber daya primer negara? Tuliskan pendapat Anda!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Dengan cara memproduksi untuk kemakmuran rakyat, dan menyediakan lapangan pekerjaan.

2. Firma: semua orang didalamnya berwenang untuk menjalankan kerja bersama-sama.

CV: dibagi 2 pihak, yaitu pihak aktif dan pihak pasif yang memiliki tugas masing-masing.

3. Kelebihan: mudah medapat modal jumlah besar melalui penerbitan saham, terdapat pemisahan yang tegas, tidak ada hubungan kebangkrutan dengan kehidupan pemilik.

Kekurangan: keinginan para pemilik modal tidak dipenuhi badan usaha, rentang pengendalian lebar, pendirian dan penutupan BUMS ini sulit dan mahal.

4. Untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal untuk kegiatan yang tidak menguntungkan.

5. Setuju, karena dengan bantuan BUMS bisa membantu kebutuhan masyarakat dan penghasilan negara akan lebih meningkat.

Tidak setuju, karena setiap badan usaha memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

(terserah pilih yang mana)

Penjelasan:

1. BUMS menghasilkan pajak yang bisa diambil oleh Negara untuk kepentingan negara ataupun pembangunan nasional, BUMS juga memproduksi barang/jasa agar dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, BUMS menyediakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran.

2. Firma ini biasanya berisi 2 orang (bisa juga lebih) yang dimana mereka ini sama-sama bekerja untuk mencari keuntungan. Persekutuan Komanditer terdiri minimal 2 orang, dan dibagi menurut tugasnya masing-masing (pihak aktif: pihak yang bekerja untuk badan usaha, pihak pasif: pihak yang hanya memberikan modal)

Sekian beberapa penjelasannya, semoga benar semua.

No Copas

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ZackyDM dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 22 Jun 22