Pembelian vaksin covid-19 kepada satu perusahaan tertentu dalam persaingan usaha

Berikut ini adalah pertanyaan dari karini6285 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pembelian vaksin covid-19 kepada satu perusahaan tertentu dalam persaingan usaha termasuk

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu contoh bentuk praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat adalah pembelian vaksin covid-19 kepada satu perusahaan tertentu. Hal tersebut akan berdampak menguntungkan pelaku usaha atau perusahaan tersebut tetapi berdampak merugikan pelaku usaha atau perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama dengan perusahaan tersebut.

Pembahasan:

Persaingan usaha adalah seperangkat aturan hukum yang dibuat untuk mengatur segala aspek yang berkaitan dengan persaingan usaha dan mencakup hal-hal yang boleh dan tidak dilakukan atau bahkan dilarang oleh para pelaku usaha. Persaingan usaha terbagi menjadi dua jenis, yaitu persaingan usaha sehat dan tidak sehat.

  • Persaingan usaha sehat adalah persaingan usaha antar pelaku usaha dengan memperlihatkan keunggulan masing-masing secara mestinya. Manfaat dari persaingan usaha secara sehat adalah adanya pemerataan pendapatan dan terciptanya iklim usaha yang baik.
  • Persaingan usaha tidak sehat adalah persaingan antar pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan produksi dan pemasaran barang atau jasa dengan cara tidak jujur. Bentuk dari persaingan usaha tidak sehat adalah monopoli, monosi, penguasaan pasar dan persekongkolan. Faktor pemicu persaingan tidak sehat adalah dikarenakan adanya suatu keadaan yang menguntungkan pelaku usaha demi kepentingan serta keuntungan pelaku usaha tersebut meskipun akhirnya akan merugikan pelaku usaha lainnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang ciri-ciri pasar monopoli yomemimo.com/tugas/1462388

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22