Salah satu hukum ekonomi dalam hal penggunaan satuan unit produksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari sri354460 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Salah satu hukum ekonomi dalam hal penggunaan satuan unit produksi adalah hukum Law of Dimishing Return,jelaskan apa maksud hukum tersebut dan apa manfaat nyata yang anda dapatkan dari hukum tersebut dalam
kehidupan terkait aktifitas penggunaan satuan inpun unit produksi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

The Law of Dimishing Return dapat juga disebut dengan hukum ekonomi dimana suatu produksi akan menurun.

Pembahasan:

Produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang penting. Produksi memproses banyak input ke produk atau output. Beberapa ilmu ekonomi dikenal sebagai hukum pertumbuhan yang terbatas, atau hukum hasil  yang semakin berkurang. Hukum hasil yang semakin berkurang adalah hukum ekonomi di mana satu input untuk produksi meningkat dan input lainnya dipertahankan, yang pada akhirnya menurunkan produksi.

Hukum hasil yang semakin berkurang terjadi dalam tiga tahap: Tahap I Jika  perusahaan memiliki dua  input produksi: modal dan tenaga kerja. Perusahaan yakin dengan modal yang dimiliki saat ini, dapat mempekerjakan pekerja untuk meningkatkan kinerja produk. Produksi meningkat karena pekerja secara bertahap ditambahkan sementara modal tetap. Hal ini menyebabkan peningkatan produktivitas bagi perusahaan, dan saat ini perusahaan bekerja pada tingkat yang optimal.

Dengan kata lain, Tahap II  Investopedia, setelah perusahaan mencapai titik optimal, menambah lebih banyak tenaga kerja di luar tingkat optimal akan mengurangi efisiensi hasil. Tahap II Ketika Anda merekrut karyawan tambahan dengan harapan meningkatkan produktivitas,  perusahaan memasuki Tahap 3. Dengan kata lain, tidak hanya pengembalian  marjinal yang menurun, tetapi juga merupakan tahap pengembalian negatif.

Pada saat itu, perusahaan merugi karena faktor-faktor produksi yang tidak seimbang. Sederhananya, hukum hasil yang semakin berkurang dapat dijelaskan dengan 8 yang perlu ditarik dari rumput. Saat bekerja dengan 5 orang, tarik keranjang rumput satu per satu dalam 2 jam.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian ekonomi yomemimo.com/tugas/1851065

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 30 Sep 22