Sebagai bank sentral republik indonesia, bank indonesia disebut juga bank

Berikut ini adalah pertanyaan dari mastyozdv9059 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebagai bank sentral republik indonesia, bank indonesia disebut juga bank sirkulasi karena

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bank sentral yaitu Bank Indonesia (BI) disebut juga sebagai bank sirkulasi. BI disebut juga sebagai bank sirkulasi karena peran dan fungsinya dalam mengatur penerbitan dan peredaran rupiah.

Pembahasan

Fungsi sebagai bank sirkulasi ini dapat ditemukan dalam tugas dan wewenang BI untuk mengatur dan menjada kelancaran sistem pembayaran. Fungsi ini memiliki tujuan utama yaitu memelihara kestabilan rupiah.

Sistem pembayaran yang dimaksud adalah seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme untuk memindahkan dana karena adanya kewajiban pembayaran dalam kegiatan ekonomi.

Dalam hal ini, BI kemudian menyiapkan infrastruktur, saluran, instrumen pembayaran dan tahap pemrosesan transaksi. Infrastruktur antara lain seperti QRIS, saluran contohnya EDC atau mesin ATM dan QR Code, instrumen adalah kartu atm dan tahap pemrosesan adalah otorisasi, kliring dan setelmen.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kerjasama Bank Indonesia dengan bank sentral lainnya yomemimo.com/tugas/29199110

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Aug 22