4. Bagaimana upaya Anda sebagai guru untuk mengembangkan aspek emosi

Berikut ini adalah pertanyaan dari tessapulanda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Bagaimana upaya Anda sebagai guru untuk mengembangkan aspek emosi siswa menggunakanpendekatan sosial?

4. Bagaimana upaya Anda sebagai guru untuk mengembangkan aspek emosi siswa menggunakan
pendekatan sosial?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Upaya sebagai guru untuk mengembangkan aspek emosi siswa menggunakan pendekatan sosialyaitu denganmembangun hubungan dengan siswa merekadanmembantu mereka memahami dan mengatur emosi mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan di kelas seperti pembelajaran kooperatif, waktu melingkar, atau pertemuan pagi.

Pembahasan

Pendekatan sosial menekankan kecakapan individu berhubungan dengan orang lain (masyarakat), dan memusatkan perhatian pada gejala-gejala sosial yang muncul Salah satu metode pembelajaran yang berlandaskan pendekatan sosial yang akan diambil sebagai contoh adalah inkuiri sosial. Ketika proses inkuiri sosial berlangsung guru harus berperan sebagai pembimbing. Dalam membimbing peserta didik, guru janganlah sebagai pemberi perintah, akan tetapi sebagai pemberi motivator dan reflektor.

Ketika menggunakan pendekatan sosial di dalam kelas, penting bagi guru untuk mengingat bahwa setiap siswa berbeda dan akan merespon aktivitas yang berbeda dengan cara yang berbeda. Penting juga untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana siswa merasa nyaman mengekspresikan emosi mereka. Dengan melakukan ini, guru dapat membantu siswa mereka berkembang menjadi individu yang berpengetahuan luas yang mampu mengelola emosi mereka secara efektif.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kelompok sosial dalam pendekatan sosiologis​ dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/30277524

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 29 Jan 23