1. Salah satu prinsip koperasi adalah

Berikut ini adalah pertanyaan dari elisaramadhani34 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Salah satu prinsip koperasi adalahpengelolaan usaha secara demokratis. Bagaimana contoh penerapan prinsip tersebut dalam pengelolaan koperasi?



tolong di jawab ya kk​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Demokratisadalah salah satu prinsip yang diterapkan dalampengelolaan usaha koperasi. Dalam pengelolaan koperasi, contohdaripenerapanprinsipdemokrasi adalah pembuatan keputusan yang berdasarkan keputusan bersama seluruh anggota koperasi.

Pembahasan

Koperasi adalah salah satu badan usaha kelompok yang ada di Indonesia dan memiliki tujuan utama meningkatkan kesejahteraan setiap anggotanya. Selain itu, ada juga beberapa prinsip yang ada pada koperasi dan membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya.

Berikut adalah prinsip koperasi menurut UU Nomor 25 Tahun 1992:

  • Sukarela dan terbuka: koperasi memiliki sikap keterbukaan terhadap setiap orang yang ingin bergabung menjadi salah satu anggota koperasi. Selain itu, keanggotaan dari koperasi ini juga harus berasal dari keinginan sendiri, bukan atas dasar paksaan.
  • Pengeloaan yang demokratis: setiap anggota koperasi memiliki hak yang sama untuk turut serta dalam pengelolaan koperasi sehingga pembuatan keputusan yang ada pada koperasi ini harus berdasarkan kesepakatan bersama.
  • Pembagian hasil usaha secara adil: pembagian usaha pada anggota koperasi akan dilihat dari tingkat kontribusinya pada koperasi sehingga semakin aktif seorang anggota maka pembagian usahanya juga akan semakin besar.
  • Terbatas pada modal: modal yang ada pada koperasi tidak digunakan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi namun akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
  • Kemandirian: koperasi harus bisa berdikari dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan jalannya koperasi tersebut.
  • Pendidikan koperasi: koperasi harus bisa menciptakan keterampilan pada diri setiap anggotanya sehingga anggota koperasi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing.
  • Kerja sama: setiap koperasi yang ada di Indonesia harus mau saling bekerja sama.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang asas koperasi

yomemimo.com/tugas/2591156

Materi tentang manfaat koperasi

yomemimo.com/tugas/2182875

Materi tentang jenis koperasi

yomemimo.com/tugas/22865315

Detail jawaban

Kelas: 4

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 8 - Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Kode: 4.10.8

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Jun 22