2. Menurut Anda, apakah kehadiran social enterprise akan memperkaya entrepreneurship?

Berikut ini adalah pertanyaan dari kevintorres9299 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Menurut Anda, apakah kehadiran social enterprise akan memperkayaentrepreneurship? Berikan analisa Anda.

2. Menurut Anda, apakah kehadiran social enterprise akan memperkaya
entrepreneurship? Berikan analisa Anda.

2. Menurut Anda, apakah kehadiran social enterprise akan memperkaya
entrepreneurship? Berikan analisa Anda.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Indonesia saat ini membutuhkan banyak pihak baru di bidang social entrepreneurship. Ini memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan pekerjaan melalui kewirausahaan. Melalui Social Enterprise, meningkatkan angka entrepreneurship di Indonesia dan membuka banyak lapangan pekerjaan bahkan memecahkan masalah sosial di Indonesia.

Pembahasan:

Social enterprise secara sederhana dapat diartikan sebagai ide bisnis yang profit-oriented sekaligus social-oriented. Fokus dari bisnis model ini adalah memaksimalkan keuntungan sekaligus memaksimalkan manfaat untuk sosial dan lingkungan.

Dalam prakteknya, social enterprise bisa digolongkan sebagai bisnis komersial artinya tetap menjual produk atau jasa demi mencari keuntungan. Namun, keuntungan tersebut prinsipnya akan digunakan kembali untuk kepentingan sosial.

Contohnya seperti kegiatan-kegiatan amal, pelatihan ibu-ibu rumah tangga, atau membantu perbaikan fasilitas umum. Sehingga, tidak hanya bermanfaat untuk bisnismu tapi juga untuk lingkungan sekitar.

Social enterprise bisa dikatakan lebih sulit daripada ide bisnis biasa. Kamu harus menyeimbangkan antara tujuan bisnis dan tujuan sosial. Ketika kamu lebih fokus pada tujuan sosial, maka keuntungan bisa lebih kecil dan berbahaya untuk arus kas usaha. Sedangkan, bila kamu lebih fokus pada tujuan bisnis yaitu keuntungan, maka kamu sedang menjalankan bisnis konvensional, bukan social enterprise.

Di Indonesia sendiri, kegiatan-kegiatan social entrepreneurship memiliki bentuk suatu usaha yang tidak mencari keuntungan, namun hanya membutuhkan dukungan operasional. Tujuan dari usaha tersebut dilakukan adalah semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat. Sehingga dengan kata lain, usaha tersebut tidak berorientasi pada mencari profit saja.

Seseorang yang ingin menjadi seorang entrepreneur maupun social entrepreneur, harus memiliki motivasi kuat, passion serta pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud meliputi segala hal yang berkaitan dengan bisnis dan pasar.

Selain itu, wirausahawan sosial harus menunjukkan karakter keteladanan yang ditujukan untuk mengikis kondisi ekonomi  yang sering terjadi saat ini. Ini tidak mendorong isu-isu sosial seperti liberalisme dan kapitalisme.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi entrepreneurship yomemimo.com/tugas/7838733

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 03 Sep 22