Apa yang dimaksud dengan Pasar Uang Antar-bank Syariah? Jika bank

Berikut ini adalah pertanyaan dari dhianza4285 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa yang dimaksud dengan Pasar Uang Antar-bank Syariah? Jika bank syariahmengalami kekeringan likuiditas dan ingin mengambil dari bank konvensional, akad
apa yang bisa digunakan dan jelaskan alasan Anda!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menjalankan setiap lini usahanya berdasar pada prinsip serta kaidah hukum syariat islam. Pasar uang antar bank syariah merupakan transaksi menggunakan rupiah atau valuta asing dalam jangka pendek dengan berdasar pada prinsip prinsip syariah.

Pembahasan

Pasar uang antar bank syariah dilakukan dengan tujuan sebagai salah satu sarana pengelolaan risiko likuiditas yang dapat terjadi pada bank syariah. Pelaku dari pasar uang antar bank syariah yaitu bank umum syariah, unit usaha syariah, serta bank umum konvensional. Peraturan yang ada dalam transaksi pasar uang antar bank syariah berlaku bank syariah sebagai pemilik dan penerima dana sementara bank konvensional hanya sebagai pemilik dana. Kegiatan seperti akad yang terjadi dalam pasar uang harus berjalan sesuai dengan prinsip serta kaidah syariah. Tidak dibenarkan jika pasar uang antara bank syariah berdasar pada bunga karena bunga dalam syariat islam dilarang.

Jika bank syariah mengalami kekeringan likuiditas maka dapat meminjam kepada bank konvensional sesuai dengan akad syariah seperti mudharabah, wadiah, atau al sharf. Diperbolehkannya bank syariah meminjam pada bank konvensional asalkan tetap pada koridor peraturan syariah hukum islam seperti transaksi yang berlaku dalam bank syariah sehingga tidak terdapat unsur pelanggaran hukum islam.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang pasar uang yomemimo.com/tugas/11284037

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22