Bagaimana tujuan, tugas dan instrumen bank indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari siyenn3111 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana tujuan, tugas dan instrumen bank indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bank Indonesiamemiliki satutujuan yaitu memelihara dan mencapai kestabilan nilai rupiah yang terdiri dari dua aspek yaitu kestabilan terhadap mata uang di negara-negara lain dan kestabilan nilai mata uang terhadap barang serta jasa.

Tugas bank Indonesia memiliki tiga pokok besar. Yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran serta menstabilkan sistem keuangan.

Instrumen pada bank Indonesia adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) kartu kredit, kartu ATM, uang elektronik, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Tujuan bank Indonesia dicerminkan kepada perkembangan laju inflasi serta perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang ada di negara lain yang dimaksudkan agar memperjelas sasaran yang harus dicapai oleh Bank Indonesia. Tugas-tugas yang dilakukan oleh Bank Indonesia bertujuan untuk mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah yang ada di Indonesia sehingga dicapai dengan efektif dan efisien. Bank Indonesia memiliki beberapa instrumen seperti kartu kredit yang digunakan untuk melakukan pembayaran dalam suatu kegiatan ekonomi contohnya transaksi pembelanjaan ataupun penarikan tunai.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi jenis bank di indonesia berdasarkan fungsinya pada : yomemimo.com/tugas/8756714  

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22