1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan formula Maurice Duverger tentang

Berikut ini adalah pertanyaan dari libiyabigunuba pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan formula Maurice Duverger tentang “majority system withsecond ballot and proportional representation favour multy-partism”! Berikan penjelasan dan
contoh kesesuaian formula tersebut di Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Yang dimaksud dari formula Maurice Duverger yang berbunyi majority system with second ballot and proportional representation favour multy-partism adalah penjelasan tentang sistem multi partai. Formula tersebut sesuai dengan sistem partai politik di Indonesia yaitu dengan banyaknya partai yang terlibat dalam pemilu.

Pembahasan

Formula dari Maurice Duverger yang berisikan majority system with second ballot and proportional representation favour multy-partism merupakan formula dalam penggunaan sistem multi partai. Sistem multi partai merupakan satu diantara varian dari banyaknya sistem partai yang sedang berkembang di dunia modern ini. Sistem multi partai (multy party system) ini muncul dikarenakan adanya keanekaragaman sosial budaya dan juga politik yang ada di dalam suatu negara.

Sistem multi partai dijadikan sebuah jaringan dari hubungan dan juga interaksi antar partai politik di dalam sebuah sistem politik yang berkembang dari suatu negara. Di negara Indonesia menerapkan sistem multi partai ini. Ini ditunjukkan dengan adanya jumlah partai politik yang sangat banyak dan menjadi faktor penyumbang tidak efektifnya sistem pemerintahan yang berjalan di Indonesia.

Banyaknya partai politik yang terlibat dalam kegiatan pemilu mengakibatkan koalisi yang dibangun dalam pencalonan presiden dan juga wakil presiden akan menjadi gemuk, dikarenakan banyaknya parpol yang terlibat. Banyaknya koalisi ini menyebabkan pemerintahan tidak dapat diterapkan secara efektif dikarenakan harus memberikan pertimbangan dari banyak kepentingan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang "Sistem Multi Partai" pada yomemimo.com/tugas/188073

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh oxfordnotbrogues0403 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22