Gempa goyang Lombok Utara (NTB)“Gempa 5,1 Skala Richter (SR) menggoyang

Berikut ini adalah pertanyaan dari jeremypetra2009 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Gempa goyang Lombok Utara (NTB)“Gempa 5,1 Skala Richter (SR) menggoyang Lombik Utara, Nusa Tenggara Barat NTB), Senin dinihar pukul 00.45 WIB ,“ tulis situs BMKG yang dikutip liputan6.com, Jakarta, Senin (5/10/2015).Gempa berada pada lokasi dengan koordinat 7,82 derajat Lintang Selatan (LS) – 116, 99 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman pusat gempa 323 km. a. Berapa besarnya magnitude gempa yang terjadi?. b. Dimanakah letak hiposentrum gempa tersebut?. c. Dimanakah episentrum gempa tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Besarnya magnitude gempa yang terjadi adalah 5,1 SR

b. Letak hiposentrum gempa tersebut adalah 323 km di bawah Lombok Utara, NTB.  (7,82 derajat Lintang Selatan (LS) – 116, 99 derajat Bujur Timur (BT))

c. Episentrum gempa tersebut adalah di Lombok Utara, NTB.

Pembahasan

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang ada di bumi. Gempa bumi terjadi akibat munculnya getaran yang muncul di permukaan bumi akibat energi yang dilepaskan secara tiba-tiba dari dalam bumi. Peristiwa ini menyebabkan terciptanya gelombang seismik yang hebat dan bisa memporak-porandakan yang ada di permukaan bumi.

Gempa Bumi bisa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi, tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas sesar atau patahan, hingga aktivitas gunung berapi. Gempa bumi yang berpusat di dasar laut dan menyebabkan terjadinya tsunami. Sebab-sebab tadi membuat bumi berguncang hebat. Gempa bumi bersifat merusak dan dapat terjadi setiap saat dengan waktu yang berlangsung singkat.

Titik episentrum adalah titik di permukaan bumi yang tegak lurus di atas pusat gempa di dalam bumi. Titik ini tepat berada di atas hiposentrum.

Titik hiposentrum adalah titik pusat gempa bumi yang ada di dalam bumi. Hiposentrum bisa dibilang merupakan sumber gempa di kedalaman bumi tertentu. Titik hiposentrum juga dikenal sebagai titik atau garis dalam litosfer yang menjadi tempat terjadinya gempa bumi.

Pelajari lebih lanjut  

Materi tentang gempa bumi dapat dilihat pada

yomemimo.com/tugas/6365406

#BelajarBersamaBrainly  

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 12 Jul 22