Jelaskan hubungan timbal balik antara nilai dan norma dalam masyarakat

Berikut ini adalah pertanyaan dari arifandika60 pada mata pelajaran PPKn untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan hubungan timbal balik antara nilai dan norma dalam masyarakat

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Hubungan timbal balik antara nilai dan norma dalam masyarakat merupakan unsur luar dari suatu ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat dan unsur dalamnya atau unsur kejiwaan di baik ketentuan yang mengatur tingkah laku tersebut.

Pembahasan

Nilai sosial merupakan konsensi umum yang terorganisir dengan mempengaruhi perilaku yang berhubungan dengan alam sehingga kedudukan manusia dalam alam, hubungan antar orang dan hal-hal yang diinginkan bahkan tidak diinginkan yang mungkin bertaian dengan hubngan antara orang dengan lingkungan dan sesama manusia. Ada beberapa nilai sosial berdasarkan sifatnya, yaitu:

  1. Nilai terencana, yang merupakan nilai yang sudah tertanam dalam alam sadar kita dan otomatis memiliki kontrol tersendiri terhadap tindakan maupun perilaku yang akan dilakukan.
  2. Nilai dominan, merupakan suatu nilai yang muncul karena banyaknya orang yang menganut nilai tersebut sehingga lamanya nilai tersebut muncul dan dipertahankan dan kedudukan orang yang menganut nilai tersebut.

Ada beberapa ciri-ciri nilai sosial, yaitu

  1. Terbentuk dari proses interaksi sosial di masyarakat.
  2. Dengan setiap anggota kelompok yang biasanya memiliki perbedaan nilai-nilai sosial.
  3. Adanya dampak berbeda-beda terhadap tindakan yang dilakukannya.
  4. Dengan mempengaruhi kepribadian individu dalam bermasyarakat.

Norma merupakan suatu kumpulan dari nilai-nilai sosial yang dimana norma sosial harus sesuai dengan fakta maupun kondisi yang berlaku. Dengan demikian, ada beberapa macam norma sosial yaitu:

  1. Usage atau cara, merupakan salah satu perilaku yang dilakukan oleh individu dalam satu kelompok masyarakat namun tidak dilakukan secara berulang atau terus menerus.
  2. Folkways atau kebiasaan merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan secara berulang dan turun menurun.
  3. Mores atau tata kelakuan, merupakan salah satu aturan-aturan yang diterima oleh masyarakat yang biasanya berhubungan dengan kepercayaan maupun keyakinan.
  4. Custom atau adat istiadat, merupakan suatu kumpulan tata kelakuan yang dijadikan pedoman tertinggi dalam hidup bermasyarakat.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Pengertian nilai dan norma sosial yomemimo.com/tugas/6611939.

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22