2 Deskripsikan secara rinci berbagai pendekatan penelitian berikut ini dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari nandahimawan4 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Deskripsikan secara rinci berbagai pendekatan penelitian berikut ini dan 1 contoh dari masing-masingpendekatan penelitian tersebut
− Eksploratoris, berikan 1 contoh
− Deskriptif, berikan 1 contoh
− Korelasional, berikan 1 contoh
− Eksperimental, berikan 1 contoh

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1) Pendekatan penelitian eksploratoris merupakan suatu pendekatan  yang bertujuan untuk menemukan atau mendapatkan informasi mengenai suatu masalah yang belum dipahami sepenuhnya oleh peneliti.

2) Pendekatan penelitian deskriptif merupakan suatu metode yang berusaha menggambarkan subjek maupun objek penelitian dengan mendalam dan terperinci.

3) Pendekatan penelitian korelasional merupakan suatu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antarvariabel atau lebih tanpa melakukan manipulasi pada variabel tersebut.

4) Pendekatan penelitian eksperimental merupakan suatu pendekatan penelitian yang berusaha mencari pengaruh akan variabel satu terhadap variabel lainnya dalam kondisi yang terkontrol.

Pembahasan:

Penelitian merupakan suatu usaha atau kegiatan untuk memperoleh fakta atau prinsip dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data. Tujuan dari dilakukannya penelitian adalah untuk mendapatkan jawaban dari sebuah permasalahan.

Berikut adalah contoh-contoh dari penggunaan keempat pendekatan di atas:

  1. Pendekatan Penelitian Eksploratoris ⇒ Perilaku Gamers di Kalangan Remaja.
  2. Pendekatan Penelitian Deskriptif ⇒ Membandingkan Kinerja Siswa
  3. Pendekatan Penelitian Korelasional ⇒ Hubungan antara Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris dengan Keterampilan Berbahasa Siswa SMAN 1.
  4. Pendekatan Penelitian Eksperimental ⇒ Pengaruh "Pembelajaran Inkuiri" terhadap penguasaan tatabahasa Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia.

Pelajari lebih lanjut:

Materi mengenai Jenis-Jenis Penelitian Menurut Metode yang Digunakan yomemimo.com/tugas/20815972

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh esakaes dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 02 Aug 22