Kesalahan seorang public relations kenapa bisa terjadi

Berikut ini adalah pertanyaan dari zaraazhr pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kesalahan seorang public relations kenapa bisa terjadi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu tujuan dari Public Relations (PR) adalah untuk menggambarkan bisnis Anda dengan cara sebaik mungkin. Tidak seperti iklan, tujuan PR bukan untuk membayar ruang di media tetapi untuk membujuk media agar tertarik dengan bisnis dan menulis atau melaporkan kegiatan bisnis Anda.

Namun dalam praktiknya terkadang kesalahan PR terjadi, hal ini tentunya dapat diantisipasi, beberapa kesalahan kecil dapat dihindari dengan menyadari praktik terbaik dalam PR dan dengan mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan saat berkomunikasi dengan media dan audiens.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan pratiksi PR yang harus Anda hindari:

Jangan Memulai Kegiatan PR Terlalu Lambat

Jika Anda ingin liputan media untuk acara, proyek, atau kampanye tertentu, Anda harus memulai aktivitas PR dari jauh-jauh hari. Faktor-faktor lain dapat memengaruhi seberapa cepat Anda dapat memperoleh liputan media untuk acara atau proyek Anda. Apa yang dicari oleh jurnalis, seberapa banyak ruang yang tersedia dalam publikasi dan apakah jurnalis tertarik pada cerita Anda.

Tidak Memiliki Kebijakan PR Perusahaan

Bahkan jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda tetap harus memiliki kebijakan PR perusahaan yang mengatur bagaimana pemangku kepentingan dan karyawan harus terlibat dengan publik. Buat garis besar tujuan, seperti siapa yang diizinkan berbicara dengan media, pedoman konten, topik seperti apa yang harus dirahasiakan, dan sebagainya.

Tidak Memiliki Strategi PR

Strategi PR akan membantu Anda mengatur aktivitas PR Anda dan membuat keputusan strategis tentang cara terbaik untuk berkomunikasi. Strategi PR yang efektif akan membantu Anda untuk menggunakan cerita-cerita dalam bisnis Anda untuk menarik audiens target Anda serta meningkatkan profil dan membangun kesadaran merek.

Mencoba untuk Merilis Siaran Pers Secara Massal

Jika Anda mengirim banyak berita, bisa jadi Anda menjengkelkan media. Disarankan Anda menyebarkannya minimal satu minggu terpisah. Hanya kirimkan siaran pers ketika ada sesuatu yang penting terjadi dengan organisasi Anda. Meski begitu, jika Anda tetap ingin mengirimnya ke semua media. Pilihlah outlet media yang benar-benar terlibat dalam industri atau ke jurnalis yang cenderung meliput berita tersebut.

Tidak Siap untuk Wawancara Media

Anda perlu mempersiapkan untuk setiap peluang PR yang mungkin timbul. Seperti halnya jika media menginginkan info yang lebih detail dari perusahaan Anda dan ingin melalukan wawancara. Dalam hal ini perusahaan harus memiliki juru bicara yang tepat yang terbiasa tampil di depan media dan siap untuk melakukan wawancara dalam waktu singkat.

Tidak Melakukan Riset

Sebelum menghubungi seorang jurnalis, pastikan Anda melakukan riset dan mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang mereka. Anda bisa berisiko merusak hubungan Anda dengan seorang jurnalis jika Anda menyebut mereka nama yang salah, lupa nama publikasi mereka, tidak tahu kapan publikasi mereka diterbitkan atau membuat mereka repot ketika mereka berada di tenggat waktu.

Jangan Abaikan Media Sosial

Media sosial adalah saluran yang bagus untuk membantu Anda berkomunikasi secara langsung dengan audiens target Anda dan melibatkan mereka dalam percakapan. Jika Anda tidak hadir di media sosial, Anda bisa kehilangan banyak peluang untuk membangun brand awareness perusahaan atau produk Anda, menarik pelanggan baru ke bisnis, dan menciptakan hubungan yang berharga dengan pelanggan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cherrymilk222 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 17 Jan 23