1 Manusia tidak boleh diperlakukan secara diskriminatif. Sebab perbuatan diskriminatif

Berikut ini adalah pertanyaan dari thomyjackvd pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Manusia tidak boleh diperlakukan secara diskriminatif. Sebab perbuatan diskriminatif itu tidak baikdan sangat menyakitkan. Bahkan bisa saja berakibat hilangnya nyawa seseorang. Oleh sebab itu,
kita semua harus ingat bahwa setiap manusia itu dilahirkan di dunia ini dengan hak yang sama dan
memiliki tanggungjawab serta kewajiban untuk menjaganya. Misalnya saja hak hidup. Terjadi
kasus Marsinah, seorang buruh yang terbunuh, atau kasus meninggalnya seorang wartawan
Harian Bernas Yogjakarta bernam Fuad Muhammad Safrudin alias udin. Bagaimana sebenarnya
yang dimaksud dengan hak hidup dan bagaimanakan proses penegakannya di Indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Hak hidupadalah hak untukmemiliki hak untuk tetap hidup, tidak diambil nyawanya secara sembarangan oleh manusia lainnya. Hak hidup adalah salah satu hak asasi manusia yang harus dijaga dan ditegakkan. Hak hidup di Indonesia tentu saja dilindungi oleh undang-undang. Bahkan Pancasila sendiri sebagai sumber dari segala sumber hukum melindungi segala hak asasi manusia. Termasuk apa yang terlindung dalam sila kedua Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pembahasan

Hak hidup merupakan hak asasi manusia yang wajib dilindungi dan ditegakkan oleh setiap pemerintah. Setiap manusia yang menyatakan pendapatnya harus dilindungi nyawanya dari segala intimidasi. Termasuk dalam kasus di atas yang menderita pelanggaran atas hak hidupnya adalah buruh yang menyatakan protesnya dan wartawan yang sedang membeberkan fakta yang terjadi. Bila hak hidup ini tidak dilindungi maka salah satu elemen negara demokrasi akan terhapus.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh faizahmihani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22