5. Penyebab inflasi sebagai berikut. 1) Harga barang-barang secara umum

Berikut ini adalah pertanyaan dari MAAAME pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5. Penyebab inflasi sebagai berikut. 1) Harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan. 2) Harga barang-barang impor mengalami kenaikan. 3) Kenaikan biaya produksi. 4) Serikat buruh menuntut upah yang tinggi. 5) BBM mengalami kenaikan. Cost push inflation ditunjukkan pada nomor A. 1), 2), dan 3) B. 1), 3), dan 5) C. 2), 3), dan 4) D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Cost pust inflantion ditunjukan pada nomor jawaban a, yaitu: 1) Harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan. 3) Kenaikan biaya produksi. 5) BBM mengalami kenaikan.

Pembahasan

Cost push inflation adalah inflasi yang terjadi disebabkan oleh biaya produksi sehingga menyebabkan jumlah produk beredar terbatas namun permintaan stabil. Faktor-faktor terjadinya cost push inflation dapat disebabkan oleh:

  1. Depresiasi nilai tukar.
  2. Dampak inflasi luar negeri terutama negara-negara mitra dagang.
  3. Peningkatan harga-harga komoditi yang diatur pemerintah.
  4. Terjadi negative supply shocks akibat bencana alam dan terganggunya distribusi.

Salah satu pemicu terjadinya cost push inflation yaitu adanya peningkatan harga-harga komoditi yang diatur pemerintah (administered price). BBM merupakan salah satu contoh komoditi yang harganya diatur oleh pemerintah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang inflasi yomemimo.com/tugas/2085258

---------------------------------------------------------------------------------------

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Este97 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 16 Feb 23