4 Dalam rangka memperingati Hari Guru tahun

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Dalam rangka memperingati Hari Guru tahun ini, TK AMALIA akan membuat program ”Bundaku Guruku” yang akan menghadirkan beberapa orang tua siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kepala sekolah berkoordinasi dengan para pengurus Komite Sekolah untuk dapat mewujudkan program tersebut. Musyawarah dilakukan untuk menentukan orang tua siswa yang bersedia terlibat dalam program ini dan ”menggantikan” posisi bunda guru selama 1 hari di sekolah. Beberapa orang tua siswa yang berprofesi sebagai guru, pernah menjadi guru ataupun ibu rumah tangga dan karyawan telah terpilih untuk ikut serta dalam program tersebut dan siap melaksanakan tugas pada hari yang telah ditentukan PERTANYAAN: Berdasarkan ilustrasi di atas silakan Anda analisis: a. Apakah langkah yang dilakukan oleh pihak sekolah sudah dapat menggali potensi yang dimiliki orang tua dalam program pelibatan kegiatan belajar di kelas? Berikan alasan Anda! b. Buatlah perumusan sebuah program pelibatan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan di kelas berdasarkan cara dan prinsip yang sesuai, minimal 4 program!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a) Iya, hal ini terlihat dari diadakannya seleksi terlebih dahulu dan memilih orangtua siswa yang terlibat dalam program tersebut. Dengan adanya program tersebut, pihak sekolah dapat mengetahui potensi masing-masing yang dimiliki oleh orangtua murid. Sehingga potensi tersebut dapat membantu tumbuh kembang anak.

b) 4 program pelibatan orang tua dan masyarakatdalam kegiatan di kelas yaitu

  1. Mengadakan kegiatan bakti sosial dengan melibatjan orangtua dan masyarakat.
  2. Mengadakan pameran karya siswa, dengan mengundang orangtua.
  3. Mengadakan program market day (siswa menjual produk buatan rumah).
  4. Mengadakan program outbond untuk melatih kekompakan siswa dan orangtuanya.

Pembahasan:

Dalam sekolah melibatkan orangtua merupakan suatu pendekatan agar ada saat pembelajaran atau dalam sekolah, orangtua dapat lebih peka dan mengamati secara langsung potensi yang dimiliki oleh anaknya. Selain itu, pelibatan orangtua dalam pembelajaran dapat melatih rasa kekeluargaan lebih erat dalam diri siswa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang program sekolah link pada yomemimo.com/tugas/3078149

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22