1. A. Dengan menggunakan analisis AD-AS terangkan kenaikan serentak pengeluaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nasim2162 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. A. Dengan menggunakan analisis AD-AS terangkan kenaikan serentak pengeluaran pemerintahdan pajak yang sama ke atas keseimbangan AD-AS. B. Dengan menggunakan analisis AD-AS terangkan efek kebijakan pemerintah menurunkanpajak ke atas keseimbangan AD-AS. ​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengaruh Penurunan Pajak pada perekonomian Indonesia membuat konsumsi belanja naik. Hal ini pemerintah lakukan agar roda perekonomian bergerak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Pembahasan:

Di bidang ekonomi dan perbankan, pemerintah menetapkan dua jenis kebijakan ekonomi, yaitu kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal mencakup segala macam peraturan dan keputusan yang dibuat oleh pemerintah untuk menjaga stabilitas makroekonomi. Beberapa sektor yang terkena dampak langsung dari kebijakan fiskal adalah pendapatan sipil, pengangguran, inflasi dan kemiskinan.

Dalam proses pelaksanaan, kebijakan fiskal semacam ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Kebijakan fiskal adalah konsep tata kelola ekonomi yang diperkenalkan oleh John Maynard Keynes dan telah umum digunakan di dunia sejak Depresi Hebat tahun 1929. Menurut Keynes, pemerintah suatu negara sebenarnya memiliki hak untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan di negara tersebut dengan menetapkan pajak dan mengambil langkah-langkah untuk ekonomi makro negara tersebut.

Secara definisi, konsep kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah untuk menjaga kestabilan pendapatan dan pengeluaran pemerintah agar perekonomian suatu negara dapat tumbuh dengan mantap. Secara lebih spesifik, definisi OJK tentang kebijakan fiskal adalah kebijakan yang terkait dengan pajak, penerimaan, utang, dan belanja pemerintah dengan tujuan ekonomi tertentu.

Implementasi kebijakan perpajakan di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda hingga Comptabiliteitswet India pada tahun 1944. Kemudian, sejak deklarasi hingga 1997-2003, undang-undang tersebut diubah untuk merumuskan kebijakan perpajakan di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang ekonomi: yomemimo.com/tugas/1851065

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 12 Oct 22