3 Dalam proses jual-beli tanah, masyarakat dapat membuat suatu perjanjian

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Dalam proses jual-beli tanah, masyarakat dapat membuat suatu perjanjian jual-beli yaitu dapatberupa akta autentik dan akta di bawah tangan. Hak atas tanah yang sudah beralih harus
didaftarkan di BPN demi kepentingan publikasi pendaftaran tanah.
Pertanyaan :
A. Silahkan saudara analisis, apakah akta jual-beli di bawah tangan dapat dijadikan alat bukti
di pengadilan! kemukakan alasan saudara!
B. Silahkan saudara analisis, apakah perjanjian jual-beli dengan akta di bawah tangan sudah
berdasarkan asas-asas pendaftaran tanah!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Akta jual beli tanah dapat menjadi alat bukti yang kuat di pengadilan. Hal ini dikarenakan selain sertifikat tanah, akta jual beli tanah juga bisa menjadi status kepemilikan tanah.

b. Akta jual beli tanah sudah berdasarkan asas - asas pendaftaran tanah yaitu sederhana, aman, terjangkau, muktahir, dan terbuka.

Pembahasan:

Surat perjanjian jual beli adalah dokumen resmi yang wajib ditandatangani pembeli & penjual untuk menyepakati suatu transaksi. Sehingga surat perjanjian jual beli dapat dijadikan sebagai bukti transaksi atau kesepakatan kedua belah pihak.

Sebagai penjual, Anda harus melaksanakan kesepakatan dengan memenuhi kewajiban dan menyerahkan produk yang dijual. Demikian pula sebagai pembeli harus memberikan imbalan seperti uang kepada pembeli sesuai kesepakatan.

Surat perjanjian jual beli bisa disusun secara individu atau melalui proses hukum. Agar surat perjanjian tersebut lebih kuat, sebaiknya Anda membuatnya melalui jalur hukum. Sehingga pembeli dan penjual sama- sama terlindungi.

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli dalam Transaksi

Adanya surat perjanjian jual beli dalam transaksi memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  • Menjamin Keamanan Transaksi Secara Hukum

Pertama, fungsi surat perjanjian adalah menjamin keamanan transaksi secara hukum. Adanya kesepakatan tertulis dapat melindungi pembeli dan penjual terhadap hal- hal yang tidak diinginkan di masa depan. Apalagi transaksi dilindungi oleh hukum berlaku. Sehingga kedua belah pihak saling terikat dengan hukum.

  • Menjaga Kepercayaan Antar Pihak yang Terlibat

Apabila suatu kesepakatan tidak disusun secara tertulis, memungkin salah satu pihak lupa atau melanggar perjanjian. Oleh karena itu, fungsi surat perjanjian adalah menjaga kepercayaan antar pihak terlibat. Sehingga masing- masing pihak merasa aman dan percaya bahwa pihak lain akan melaksanakan kewajibannya.

  • Membuat Kesepakatan Lebih Profesional

Salah satu fungsi surat perjanjian adalah membuat kesepakatan lebih profesional. Jika kesepakatan hanya dilakukan secara lisan, maka banyak potensi risiko dapat terjadi. Dengan adanya surat perjanjian, maka masing- masing pihak akan lebih bersedia menjalankan kewajibannya.

  • Menjaga Integritas Bisnis di Mata Eksternal

Menjaga integritas bisnis di mata eksternal merupakan fungsi lain surat perjanjian jual beli. Ketika transaksi dalam hal bisnis, terlebih berskala besar, adanya surat perjanjian dapat menjaga citra perusahaan dan mitra bisnis.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang sertifikat tanah pada yomemimo.com/tugas/4312311

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 15 Sep 22